Vincent HRD Comet 1937, Motor Lawas Bertenaga Buas

0
Vincent HRD

Vincent HRD
Vincent HRD Comet menjadi salah satu motor klasik dengan fitur unggulan termasuk tenaga kencang. Foto: Bonham

NaikMotor – Pabrikan dari Hetfordshire-England, Vincent HRD Co, Ltd, sejatinya memang memproduksi sepeda motor untuk keperluan motorsport.

Bahkan, lebih terkenal dengan mesin-mesin yang berkonfigurasi V-twin. Tetapi sebelumnya, Vincent sudah terkenal dengan model silinder tunggal, seperti model-model Comet Special, TT replica dan Meteor. Semuanya dalam jajaran model bermesin 500 cc.

Salah satu model karya Phil Irving yang terkenal adalah Meteor dan Comet, sebab produk 1937 itu mampu melesat hingga 135 km/jam pada jamannya. Phil Irving sendiri sejatinya adalah warga negara Australia sebelum direkrut pabrikan Inggris itu.

Hingga kini, model Vincent HRD Comet dianggap sebagai produk yang impresif bahkan setelah delapan dekade kemudian, sebab karya insinyur Australia itu, bermesin silinder tunggal, dengan camshaft tinggi, penggerak katup model OHV, berpendinginan udara, dan head mesin berbahan alloy serta silinder cast yang ditempatkan pada barrel alloy pula.

Desain uniknya terletak pada bagaimana peletakan mesin pada tulang belakang rangka, sehingga mesin dan rangka berbagi tugas dalam menyerap getaran, agar pengendaraan sportinya lebih nyaman. Desain tautan mesin pada rangka yang dikenal sebagai stressed engine.

Selain itu, Comet dilengkapi konfigurasi desain suspensi yang langka pada jamannya, suspensi bagi roda dan belakang. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY