Yamaha Bekali Lorenzo dengan Tuas Rem Tambahan

0

Tuas-Tambahan-Lorenzo

Sepang (naikmotor) Banyak cara yang dilakukan tim dan pembalap untuk mengakali bagaimana cara terbaik untuk mengendarai motor balapnya. Dua tahun lalu ada tuas kecil di bawah handle bagian kiri, yang berfungsi menyembunyikan gigi netral motor. Sehingga tidak ada kemungkinan mengoper gigi hingga ke gigi netral.

Sekarang, Yamaha kembali memberikan perlakuan spesial ke pembalapnya dalam hal ini Jorge Lorenzo. Di bagian motornya terkuak komponen yang mencurigakan. Posisinya tepat berada di bawah tuas kopling. Tentunya hal ini mengundang tanda tanya besar. Namun setelah diselidiki, tuas tersebut merupakan tuas tambahan untuk menekan rem belakang.

“Itu adalah tuas untuk melakukan pengereman. Tapi tidak dioperasikan oleh jempol, karena sistem operasinya adalah ditekan dari bagian atas ke bawah,” ujar Massimo Meregalli, Direktur tim Yamaha Racing.

Meski sudah dijawab langsung oleh Massimo Meregalli, namun ia tidak menjelaskan bagaimana komponen tersebut bekerja. Apakah sistemnya akan seperti combi brake system (CBS), ataukah murni hanya untuk bagian belakang saja? Dengan tujuan membantu kaki kanan lebih leluasa bergerak ketika berada di zona deselerasi.

Penempatan rem belakang berdekatan dengan tuas kopling itu, memang bukan pertamakalinya dilakukan di MotoGP atau balap prototipe seperti GP500. Sebab Mick Doohan sendiri sempat melakukan modifikasi pada sistem pengereman motornya ketika usai mengalami insiden. Begitu juga dengan Tom Sykes dan beberapa pembalap lainnya. (Spy/NM) Foto:Buffer Overflow

LEAVE A REPLY