Kecepatan KTM RC16 Dekati Yamaha dan Honda

0
KTM RC16
KTM RC16
KTM RC16 terus dilakukan pengembangan. Foto: Dorna

Spielberg (naikmotor) – KTM RC16 mampu menunjukkan performa yang mumpuni dengan selisih yang nyaris tak terpaut jauh dari motor-motor rivalnya seperti Yamaha, Honda, Ducati dan Suzuki. Namun faktanya, di sesi tes hari kedua, yaitu Rabu (20/7) lalu, selisih waktu dengan tim reguler di MotoGP hanya 2 detik.

Artinya intensitas pembalap yang kurang dan motor yang masih dalam progres pengembangan pun, sudah mampu menunjukkan selisih tipis. Pastinya ada anggapan bahwa jika mereka sudah melakukan finalisasi sebelum turun sebagai tim wild card di MotoGP Valencia nanti, maka motornya sudah bisa bersaing di barisan tengah.

“Saya rasa performa motor kami jauh melampaui ekspektasi awal kami sendiri. Kita bisa melihat jarak atau selisih dari pembalap reguler lebih baik. Hal yang cukup membuat kami optimis, karena motor ini tidak mengalami kendala teknis sedikit pun. Setahap demi setahap, kami dapat mencetak lap tercepat dari sesi ke sesi,” ungkap Mika Kallio yang dipercaya menunggangi motor prototipe pertama KTM di kelas MotoGP tersebut.

Kallio juga bercerita tentang fokus utama pengembangan yang mereka lakukan sekarang. Yaitu pada setup mesin dan kenyamanan saja. Sehingga Ia tak begitu sulit melakukan adaptasi dengan komponen yang baru atau semacamnya. Karena yang berubah hanya setup mesin saja.

“Sekarang kami sudah tahu apa yang jadi kekurangan dan sisi mana yang masih bisa kami improvisasi. Tapi yang paling penting adalah lap tercepat, lalu bagaimana kami memanajemeni sistem elektronik serta pengaruhnya pada ban, kemudian perbedaan setup motor pada saat tes sekarang dan sebelumnya. Kalau semuanya sudah rampung, artinya kami sudah siap untuk meluncurkan motor yang benar-benar baru,” timpal Sebastian Risse, Direktur Teknis KTM. (Spy/nm)

LEAVE A REPLY