Perhatikan 5 Langkah Mudik Naik Motor

0

Tips-Mudik-Naik-Motor
Perjalanan mudik dengan naik motor harus disiapkan dengan matang. Foto: Dok.NMC

Jakarta (naikmotor) – Masih ngotot untuk mudik dengan seoeda motor? Mudik dengan roda-dua berjarak jauh sebenarnya berbahaya. Namun beberapa anggota masyarakat sepertinya tidak memiliki pilihan lain untuk pulang kampung merayakan Idul Fitri 1437 H itu, harus dengan motor.

Maka jika demikian perhatikan beberapa langkah di bawah ini, seperti yang pernah disampaikan pakar keselamatan berkendara di jalan raya. “Berkendara dengan sepeda motor itu harus enjoy, tidak terbebani dengan hal apapun, pikiran, kondisi motor, dan juga fisik pengendara sehat serta kelengkapan berkendara. Hormati hak pengguna lalu lintas lainnya, tidak emosional.

Lakukan perjalanan di siang hari agar kewaspadaan dan visibilitas lebih baik, baik pengendara dan pengguna lalu lintas lainnya.
Perhatikan 5 hal di bawah ini sebelum melakukan mudik naik motor, yakni:
1.Manajemen kesehatan
Pastikan pengendara dalam kondisi sehat, demikian dengan sepeda motornya. Bawalah sepeda motor ke bengkel terpercaya atau authorized.
2.Pengecekan motor
Meski sudah dibawa ke bengkel, Anda harus double check lagi mengenai kondisi motor, ban, rem, kelistrikan adalah di antara yang harus dicek ulang.
3.Manajemen barang
Minimalisir membawa barang bawaan, agar pengendaraan nanti lebih leluasa. Membawa barang dalam jumlah banyak akan mempengaruhi cara berkendara dan juga berisiko tinggi
4.Manajemen waktu
Usahakan sampai di tempat tujuan sebelum petang. Bekendara di malam hari paling berisiko karena visibilitas berkurang.
5.Menggunakan Safety gear
Ini yang penting digunakan, pilih helm, jaket, sarung tangan sepatu yang dianjurkan untuk jarak jauh. Ingat, pilih bahannya yang nyaman, menyerap keringat agar kita tidak terganggu selama berkendara. Gunakan kacamata pelindung. (Dok/nm)

LEAVE A REPLY

*