Kawahara Racing Mengisi Celah Berbeda Ketimbang Pemain Lain

1

Kawahara_racing_1
Buka bersama Kawahara Racing dengan pembalap termasuk media, Senin (28/6/2016). Foto: Kawahara

Jakarta (naikmotor) – Kawahara Racing produsen racing part dan apparel sepeda motor terkemuka terus mengembangkan lini bisnisnya. Porting polish salah satu layanan barunya melengkapi konsep bisnisnya yang berbeda ketimbang pemain lainnya.

Ditemui saat buka bersama Kawahara Racing dengan jajaran tim termasuk pembalapnya di markasnya Jalan Swakarya No.8 Meruya, Jessy ‘Coq’ Siswanto, bos Kawahara Racing, mengungkapkan panjang lebar mengenai perjalanan bisnisnya, Senin (28/6/2016).

Sempat heboh dengan balapan matic race di awal bisnisnya, dilanjutkan dengan blok mesin KLX, knalpot, kemudian part racing unggulannya seperti camshaft, roller dan piston, Kawahara juga fokus memperlebar bisnisnya melalui apparel. “Lebih enak main apparel, enggak ada basinya dan untungnya juga gede. Kalau part unggulan kita sekarang piston. Kalau ditanya konsumen terbesar kita sekarang dari drag bike,” beber Coq yang mengawali bisnisnya dengan sepeda bermerk PCO Cycles.

Seperti apa konsep bisnisnya? “ Yang selama ini kita lakukan adalah mencoba masuk yang orang lain belum banyak main. Dulu awal kita main camshaft masih belum yang banyak bikin, sampai saya mendesain sendiri model cam adjustable untuk bisa disesuaikan dengan trek di balapan,” tukas pria penyuka golf.

Misalnya, ungkap Coq, soal ramai-ramai part untuk Yamaha NMax sekarang yang tengah booming.”Saya sudah coba merisetnya, tapi ketika banyak yang bermain, saya tunda dulu sambil mengevaluasinya. Termasuk soal part Vespa yang sudah dibuat untuk roller, pulinya,” ungkap pemilik tim balap Kawahara Racing yang disponsori Honda.

Semakin berkembang, bisnis Kawahara Racing makin mengilap hingga pemalsuan merek pun merebak termasuk untuk produknya.”Saya sudah lelah soal pemalsuan, kadang sampai tutup mata kalau enggak lihat sendiri langsung. Melihat toko kecil yang memasarkan barang palsu, saya juga iba melihatnya dan menganggap itu risiko kalau produk laku. Sekarang fokus terus meriset produk-produk apa yang bakal laku dan orang lain belum main.”

Salah satu layanan yang menurutnya belum banyak orang lakukan adalah posting polish dengan mendatangkan mesin C&C khusus. “ Kita sudah siapkan software khusus untuk melayani modifikasi silinder head dengan mesin itu. Jadi konsumen tinggal datang dan menyesuaikan kebutuhannya untuk apa. Sementara yang kita sudah ada untuk Honda Sonic sesuai dengan riset di motor balap kita, nantinya untuk R15 akan menyusul. Biaya jasanya sekitar Rp 1 juta dan lama pengerjaannya kurang lebih selama dua harian,” ujarnya.

Untuk mendukung layanan tersebut, Coq mengatakan akan menjemput bola dengan membuka outlet-outlet dalam menerima ordernya. Mantap bor! (Arif/nm)

Kawahara_racing

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*