Jack Miller Patahkan Hasil Toni Ellias di 2006

1

Jack_Miller_menang
Jack Milletr berhasil menjadi pemenang MotoGP Belanda 2016 dari rider non pabrikan. Foto: Crash

Assen (naikmotor) – Tiga pembalap kuda hitam memberi kejutan dengan memenangkan balapan sarat drama di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (26/6/2016). Jack Miller mampu memberi kejutan di MotoGP Belanda 2016.

Rider muda Australia ini memenangkan kelas MotoGP setelah pembalap-pembalap unggulan dijungkalkan oleh licinya aspal, sementara Takaaki Nakagami pastikan kemenangan pertama dalam karirnya di kelas Moto2, pada detik-detik terakhir menjelang finish. Serta  kemenangan pertama bagi tim Mahindra Racing di Moto3 diwujudkan oleh Fransesco Bagnaia.

Di awal balapan, Miller tak terlihat berpeluang menjadi juara. Saat balapan di red flag pada lap 15, ia masih berada di posisi sembilan. Pembalap berusia 21 tahun itu kemudian mencuri perhatian saat mampu masuk ke barisan depan usai balapan restart.

Tak lama balapan berjalan, Andrea Dovizioso terjatuh saat sedang memimpin, kemudian giliran Valentino Rossi terhempas dari motornya. Setelah itu Marc Marquez dan Jack Miller berebut posisi terdepan, dan Miller akhirnya mampu membuat jarak yang signifikan dan akhirnya menyentuh garis finish sebagai juara.

Kemenangan tersebut membuatnya mencetak sejarah sebagai pembalap tim non pabrikan yang memenangkan kelas MotoGP, sejak terakhir kali dilakukan Toni Ellias tahun 2006 lalu.

Kemenangan sensasional itu sekaligus membayar kritik yang datang kepadanya, akibat lompat dari kelas Moto3 ke MotoGP tahun lalu. (Yudistira/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*