Duel Tarik Tambang Ferrari Lawan KTM SuperDuke, Siapa Menang?

0

Ferrari_vs_KTM_Superduke_tarik_tambang
Tarik tambang LaFerrari lawan naked bike KTM 1290 Super Duke R. Foto: cycle world

Jakarta (naikmotor) – Biasanya Tug of War, atau adu derek, atau dalam kinteks lebih sederhana adalah tarik tambang dilakukan untuk kendaraan dengan kategori sama, truk lawan truk, sedan lawan sedan, atau sepeda motor lawan sepeda motor.

Tug of Wars juga biasanya dilakukan di lahan parkiran Walmart, toserba di Amerika Serikat atau lahan lainnya. Tetapi sebuah video Youtube baru-baru menunjukan duel tarik tambang itu dilakukan antara supercar LaFerrari lawan naked bike KTM 1290 Super Duke R.

Meski tampak bukan suatu pertandingan apple-to-apple, alias timpang sekalipun pemrakarsanya memberikan alasan dari tinjauan power to weight ratio-nya tetap saja tidak masuk akal.

Coba perhatikan: KTM memiliki berat 189 kg, dengan torsi 128 Nm, dan 151,3 daya kuda, sementara LaFerrari beratnya 1.255 kg, memiliki torsi 700 Nm dan 789 daya kuda. Artinya SuperDuke setiap torsi mampu menarik 0,85 kg beratnya dan setiap 0,8 daya kuda untuk menghela per kg beratnya.

Padahal Ferrari memiliki torsi 0,56 Nm untuk setiap kg beratnya dan 0,63 daya kuda/kg-nya. Hasilnya, KTM tetap kalah melawan supercar merah itu. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*