Hindari Masalah Ban Depan, Lorenzo akan Contek Gaya Balap Rossi

0

Lorenzo_puji_Rossi
Gaya balap Rossi di Catalunya mengundang pujian dari Lorenzo karena mampu menjaga keawetan ban depan. Foto : Yamaha

Barcelona (naikmotor) – Beberapa hal istimewa terjadi selepas MotoGP Catalunya. Setelah Valentino Rossi dan Marc Marquez berdamai dengan saling bersalaman, kali ini giliran Jorge Lorenzo yang menebar kesejukan untuk memuji penampilan Rossi.

Juara dunia tiga kali MotoGP itu kagum dengan kemampuan rekan setim sekaligus rival terdekatnya , saat mampu menjaga grip ban sepanjang balapan, bahkan setelah bertarung dengan Marquez di lap-lap akhir.

Lorenzo kesulitan mendapatkan kecepatan maksimal dalam balapan, sebab ban depan motornya terkikis sangat cepat saat melibas trek dengan temperatur tinggi. Naas baginya, saat sedang berjuang menyelesaikan balapan, Andrea Iannone menghantamnya dari belakang, dan keduanya harus tersungkur untuk kembali ke paddock lebih awal.

Lorenzo tak ragu memuji Rossi yang ia nilai membalap dengan cara yang luar biasa. Baginya, The Doctor merupakan pembalap yang mampu tampil prima dalam kondisi yang sulit.

“Ada masalah pada beberapa kondisi lintasan yang membuat ban terkikis. Masalah ini tidak sering terjadi dengan (ban) Bridgestone, tapi (dengan Michelin) terjadi di Jerez (Spanyol) dan Montmelo (Catalunya). Rossi menggunakan motor yang sama dan dia tidak sering mengalami kesulitan dan bisa menjaga kecepatannya. Kami harus menganalisa untuk bisa memperbaiki semuanya,” tutur Lorenzo seperti dikutip dari Motorcyclenews.

Lorenzo menambahkan, gaya balap Rossi bisa jadi membuat ban menjadi lebih awet. Hal itu membuatnya terpikir untuk menyesuaikan gaya balap, agar mampu memperbaiki penampilan di seri-seri selanjutnya.

” Rossi membalap dengan gaya yang berbeda dengan saya. Saya tidak bisa membalap seperti dia, dan saya tidak bisa mengubah gaya balap untuk menghindari masalah di akhir pekan (Catalunya). Saya memiliki gaya balap sendiri, tetapi tidak akan pernah ada kata terlambat untuk mengubahnya. Kami harus menganalisa data, dan mungkin berbicara dengan Michelin untuk bisa melakukan sedikit perubahan pada ban yang saya kira ada masalah di kondisi (panas),” beber Lorenzo. (yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

*