Teknologi Baru Helm Bell Lindungi Otak dari Cedera

0

Helm_Bell_MIPS_1
Helm Bell MIPS gunakan teknologi MIPS untuk meminimalisir cedera otak. Foto: Bell

California (naikmotor) – Bell Helmet, kini telah menerapkan sistem keselamatan inovatif pada produk helm massalnya. Teknologi yang disebut sebagai MIPS, atau Multi-Directional Impact Protection System akan diterapkan pada model untuk penggunaan jalan raya.

“Ini keyakinan kami bahwa ‘teknologi tinggi’ tidak harus sama dengan ‘harga tinggi, dan kami akan menunjukkan bahwa dengan membawa teknologi MIPS untuk helm massal,” kata Chris Sackett, Wakil Presiden Bell Helmet.

“Kami terdepan soal teknologi keselamatan selama 60 tahun, dan misi kami terus menjadi salah satu yang menyediakan fitur keselamatan berkualitas tinggi untuk pengendara di setiap tingkat.”

Fitur MIPS helm Bell memanfaatkan sistem lapisan yang bisa bergeser dalam helm, meniru sistem proteksi otak sendiri. Ini lapisan low-friction di bawah lapisan impact dirancang bisa memutar dalam helm dengan maksud untuk berpotensi memperlambat atau mengurangi jumlah energi yang ditransfer ke atau dari kepala. Lapisan MIPS terhubung ke lapisan luar dengan empat pasak elastomer yang memungkinkan pergeseran ke segala arah sekitar 10-15 milimeter.

Helm_Bell_MIPS_2

Dalam kasus kecelakaan tertentu, kepala akan mengalami gerakan memutar dan berhenti seketika, yang akan menyebabkan jaringan otak mengalami tekanan sangat tinggi. Peregangan jaringan yang disebabkan pergerakan demikian bisa menyebabkan berbagai cedera otak. MIPS akan mencegahnya dengan memungkinkan kepala bergeser sendiri dalam helm saat dalam kondisi kritis impact itu sekian milidetik. Pergeseran yang terjadi selama saat kritis waktu membantu mengurangi tekanan pada otak di dalam tengkorak, dan secara signifikan dapat mengurangi risiko cedera otak traumatis.

MIPS menjadi sistem keselamatan terkini yang disematkan pada produk Bell. Pada 2014, Bell memperkenalkan Flex Impact Liner pada Moto-9 Flex, dan pada 2016 menerapkannya pada model Pro Star dan Race Star. Flex Impact Liner menampilkan teknologi pelapisan progresif eksklusif, sebuah sistem yang terdiri tiga material pelindung unik, ditujukan untuk mereduksi akibat kecepatan putaran, sehingga Bell memiliki sistem perlindungan yang komprehensif.

MIPS kini diterapkan pada model-model Powersports akhir tahun ini, seperti MX-9, MX-9 Adventure dan helm jalan raya Qualifier DLX. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*