9 Juta Motor akan Ikuti Ride To Work Day

0

Ride_To_Work_Day
Ride To Work Day berlangsung tiap tahun di seluruh dunia pada minggu ketiga bulan Juni. foto: Ride To Work Day

Proctor (naikmotor) – Jika di Indonesia sejak 2005 dikenal Bike to Work, atau bersepeda ke tempat kerja, di Amerika Serikat dikenal Ride to Work. Tetapi berbeda cara pelaksanaannya, di sana dilakukan dengan bersepeda motor atau skuter dan ditentukan harinya, yakni minggu ketiga bulan Juni setiap tahunnya.

Kali ini Ride to Work telah akan memasuki pelaksanaan ke-25 kali atau akan berlangsung telah seperempat abad berlangsung pada 20-26 Juni 2016. Menurut ridetowork.org, koordinator acara tersebut, event bisa diikuti oleh masyarakat dunia. Karena tahun ini menjadi pelaksanaan terbesar. Di Amerika Serikat sendiri diperkirakan akan diikuti oleh 9 juta roda dua yang pada hari itu akan dikendarai untuk berangkat kerja, dan peserta akan meninggalkan mobil mereka di rumah.

Sementara keuntungan yang akan didapat oleh peserta adalah waktu tempuh yang lebih cepat 20% lebih, dibandingkan dengan mobil dalam menempuh jarak yang sama. Selain itu, konsumsi bahan bakar jauh berkurang dan juga ruang parkir lebih lowong.

“Banyak orang tidak selalu menghargai nilai positif transportational berkendara secara sosial, dan beberapa di antara mereka tidak tahu akan konsekuensi potensi merusak dari sebuah mobil pribadi yang tersembunyi. Mobil adalah mesin yang indah, dan kami mencintai mereka, tetapi alasan untuk bersepeda motor, karena jejak karbonnya tak begitu tinggi,” kata Andy Goldfine, salah satu event organizer. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*