Rafid Topan Bertekad Naik Podium Lagi di Eropa

0

Rafid_Topan_Superstock_Eropa_2016
Rafid Topan berlaga di Superstoc600 pada ajang CEV International Championship 2016 di Eropa. Foto: Rafid Topan

Jakarta (naikmotor) – Rafid Topan Sucipto berhasil berdiri pada podium tertinggi untuk kelas Superstock600 pada pada CEV International Championship 2016 di Sirkuit de Barcelona, Catalunya, Minggu (12/6/2016) dengan aksi sapu bersih. Di klasemen sementara Topan bertengger pada posisi 3 dengan 50 poin.

Pembalap yang didukung oleh Dyandra Promosindo, Evalube, KYT dan IMI Jakarta itu akan berlatih untuk menghadapi laga seri berikutnya yakni pada 3 Juli 2016 mendatang di Sirkuit Albacete, Spanyol dengan bidikan naik podium. Rafid bersama tim Chronos Corse direncanakan tampil penuh dalam sisa musim kompetisi.

Kelas Superstock600 berlangsung dalam satu balapan bersamaan dengan CEV Moto2. Dalam kelas ini diikuti delapan rider, sedangakan CEV Moto2 terdaftar 28 pembalap termasuk Dimas Ekky serta pembalap lain dari Jerman, Prancis, Inggris, AS, Jepang, Norwegia, Swiss, Italia, Spanyol,  Andorra, Brasil, Afsel, Austria, Australia, Swedia, dan Malaysia.

Seri selanjutnya akan digelar pada 3 Juli di sirkuit Albacete – Spanyol, Algarve (Portugal, 28 Agustus), Jerez (Spanyol, 2 Oktober), dan kembali ke Valencia pada 15 November.

Topan membuka sejarah baru motosport Indonesia pada akhir 2012 sebagai pembalap Moto2. Ia terpilih menjadi pembalap pengganti Anthony West (Australia) yang terkena pinalti larangan tampil di GP Valencia, Spanyol, November 2012. Di sesi kualifikasi, Topan berada di urutan 31 dari 33 pembalap dengan gap 3,7 detik dari pembalap tercepat Pol Espargaro dan Marc Marquez yang kala itu tercepat 1 dan 2. Saat raceday yang dijuarai Marquez, anak Tanjung Priok, Jakarta, kelahiran 24 Agustus 1994 itu finish ke-30. Lebih bagus dari rekan satu timnya di QMMF, Elena Rosell, maupun Takaaki Nakagami dan Johan Zarco yang sampai musim 2016 ini menjadi pembalap papan atas Moto2.

Pembalap asal Betawi berusia 21 tahun ini mendapatkan undangan dari Chronos Corse Spanyol karena dianggap memiliki pengalaman yang cukup di kejuaraan internasional, kemampuan membalap yang baik, dan semangat berprestasi untuk mengharumkan nama Indonesia. Singkatnya Chronos Corse menganggap Rafid Topan adalah pembalap yang layak untuk dapat membalap di Moto2 ini.  (Rls/nm)

LEAVE A REPLY

*