FCMB for Ramadhan 2016, Ajak Anak-anak Panti Asuhan Kenali Budaya Lokal

0

FCMB_Ramadan_2016_2
Forum Club Motor Bandung (FCMB) menggelar Safari Ramadan 2016 dengan mengajak ratusan anak-anak panti asuhan berkunjung ke Saung Udjo, Minggu (12/6/2016). Foto: FCMB

Bandung (naikmotor) – Forum Club Motor Bandung (FCMB) menggelar Safari Ramadan 2016, Minggu (12/6/2016). Mengangkat tema ‘FCMB for Ramadhan 2016 Ramadhan Kareem’, agenda tahun ke 10 ini diisi dengan Wisata Ramadan, Dzikir Ramadan, serta program kakak asuh untuk anak-anak dari 15 panti asuhan di Bandung.

Minggu pagi, 1.000 motoris memulai acara dengan mengajak 528 anak-anak  panti asuhan ke tempat wisata budaya internasional,Saung Angklung Udjo. Di sana, anak-anak tersebut dikenalkan pada seni wayang, tari, dan angklung yang merupakan warisan budaya Sunda.

FCMB_Ramadan_2016_6

Pertunjukan wayang golek menyuguhkan cerita tentang kesatuan dan persatuan budaya di Tanah Air, yang menyisipkan pesan nasionalisme untuk anak-anak panti asuhan. Setelah itu, dengan dipandu mentor dari Saung Angklung Udjo, anak-anak dibuat terlena dengan serunya bermain angklung, yang merupakan alat musik khas Jawa Barat. Kegembiraan berlanjut saat penampilan tari-tarian daerah disuguhkan.

Sebagai komunitas motor yang menggalakkan tertib berlalulintas, FCMB menyelipkan pengenalan budaya santun berkendara. Komunitas yang terbentuk sejak 27 Juli 2006 itu mengarahkan bagaimana berkendara yang baik dan santun di jalan raya kepada anak-anak.

FCMB_Ramadan_2016_5

Selepas menunaikan Shalat Ashar berjamaah, anggota FCMB dan anak-anak panti asuhan semakin membaur dan akrab dalam permainan-permainan ringan. Lantunan lagu-lagu yang dibawakan komunitas Ngarujak (Ngaji Keren Mojang Jejaka) melengkapi kegembiraan menjelang berbuka puasa.

Sebelum Adzan Maghrib berkumandang, semua orang yang hadir dalam acara mendapat sentuhan kalbu dan doa-doa dari kultum Ustadz Diky. Setelah berbuka dan menunaikan Shalat Maghrib, acara makan malam digelar, dimulai dengan sambutan dari ketua umum FCMB Febri Andinata, dan pengelola Saung Angklung Udjo, Maulana. Di puncak acara, panti asuhan peserta safari ramadan FCMB diberi santunan. (rls/NM)

FCMB_Ramadan_2016_1

LEAVE A REPLY

*