Fabrizio Pirovano, ‘Raja Monza’ Legenda WSBK Telah Tiada

0

Fabrizio-Pirovano_legenda_WSBK
Fabrizio Pirovano, pembalap legenda WSBK yang dikenal sebagai Raja Monza tutup usia. Foto: Istimewa

Italia (naikmotor) – Fabrizio Pirovani, salah satu pembalap pertama Italia di World Superbike Championship telah meninggal dunia dalam usia 56 tahun. Fabrizio yang dikenal sebagai Raja Monza itu mengawali kariernya 1988.

Podium perdananya pada 1988 sebagai juara kedua seri kedua, kemudian berlanjut pada 1990. Fabrizio tercatat telah 10 kali memenangkan WSBK, dan 37 kali podium. Pernah pula dia memenangkan Superbike Italia empat kali.

Kariernya di WSBK mulai redup ketika pada 1995, hanya meraih posisi kedua pada seri pembuka di Hockenheim, dan hanya sekali-kalinya dia podium dalam musim itu. Akhirnya pada akhir musim 1995 ia meninggalkan kejuaran dunia balap sepeda motor stok itu.

Pada musim balap berikutnya dia telah beralih ke Supersport, dan mulai menjadi juara pada 1998 dengan kemenangan sebanyak lima kali podium. Sejak itu ia tercatat dalam sepuluh besar di empat musim berikutnya.

Fabrizio semi pensiun pada 2006, meski pada Juni di tahun yang sama dia memenangkan balap sepeda motor piala Suzuki GSX-R di Misano. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*