Lakukan Tes di Jerez, KTM RC16 Semakin Cepat

0

KTM_RC16_test_Jerez
KTM terus mengembangkan motor balap RC16 yang dipersiapkan menghadapi MotoGP 2017. Foto: KTM

Jerez (naikmotor) – KTM terus menggenjot pengembangan motor RC16 untuk tampil di MotoGP 2017. Kali ini, tes kembali dilakukan di Sirkuit Jerez, Spanyol (9-10/6/2016).

Setelah pekan lalu melakoni tes di Brno, dua tes rider KTM, Mika Kallio dan Randi de Puniet menjajal kembali RC16, yang masih terus dikembangkan oleh tim asal Austria itu.

Pada latihan yang berlangsung Kamis dan Jumat, temperatur udara dan trek konstan di angka 30 dan 50 derajat Celsius, membuat dua pembalap bisa melanjutkan pengembangan yang dilakukan pada tes sebelumnya. Cuaca yang panas sekaligus menjadi ujian untuk ketahanan dan performa KTM RC16.

“Fokus utama kami (di Jerez), untuk memastikan pengembangan yang telah dilakukan di Brno. Cuaca ekstrim membuat kami dapat menguji ketahanan material (motor) kami, hasilnya kami tidak menemui masalah besar,” ujar Technical Director KTM Sebastian Risse.

Tes di Jerez kali ini, juga dimanfaatkan KTM untuk menggunakan ban Michelin, dan mencari setup yang sesuai dengan regulasi MotoGP saat ini. Hasilnya cukup baik, Kallio dan de Puniet mampu mempertajam catatan waktu lap nya.

“Motor yang saya gunakan menunjukan perkembangan di lintasan. Tidak mudah untuk kamu membuat perubahan besar pada beberapa bulan lalu, yang paling penting saat ini, waktu lap semakin cepat. Hal itu bagus untuk motivasi tim,” optimis Kallio.

Saat ini, KTM tengah melakukan riset berkelanjutan untuk RC16 di Austria. Tes berikutnya akan diselenggarakan di Italia, dengan test rider berbeda.

“Tim (KTM) telah melakukan sesuatu yang sangat bagus dan performa motor mengalami kemajuan cukup pesat. Mesin, sasis, dan elektronik sudah lebih baik,” kesan de Puniet.(yudistiira/nm)

LEAVE A REPLY

*