BMW Concept Lac Rose, R nine T Rasa GS Dakar Rally

0

bmw-motorrad-concept-lac-rose-lead
BMW R nine T Lac Rose, konsep BMW Motorrad mengembalikan kejayaannya di Paris Dakar untuk ajang Wheels & Waves 2016 Prancis. Foto: Motorrad

Biarritz (naikmotor) – BMW Motorrad menampilkan konsep sepeda motor yang terinspirasi Dakar Rally tahun 1980-an, BMW Motorrad Concept Lac Rose di Festival Wheels & Waves di Biarritz Prancis.

Konsep sepertinya mengenang kegarangan R100GS yang telah memenangkan reli Paris Dakar 1983, 1984 dan 1985, yang pada waktu itu masih diselenggarakan di Afrika. Maka konsep yang berbasis R nineT itu mengambil nama ‘ Lac Rose ‘.

Nama itu diambil  dari sebuah tempat di Perancis, yakni danau garam sekitar 35 km sebelah utara dari Dakar, di Senegal, dekat area finis edisi pertama reli terganas yang terkenal itu. BMW R100GS yang dikendarai Auriol dan Rahier podium tiga kali untuk special stage di Lac Rose.

bmw-motorrad-concept-lac-rose-1

BMW Motorrad Concept Lac Rose, tampil dengan mentransfer beberapa karakteristik khas dari mesin juara pada platform sepeda motor cruiser modern. Tetapi dengan ubahan dan tambahan komponen yang membuatnya mampu menaklukan medan offroad .

Di antara unsur-unsur yang memberikan sentuhan ‘ reli ‘ seperti kaca khusus, desain proyektor, bagian atas fender dan tangki besar. Tentu saja penampilan visualnya pun sangat dipengaruhi GS pada masa llalu lengkap dengan suspensi bertravel panjang, pelek jari-jari, dan ban dengan kembangan menonjol, berbagai pelindung, pola grafis, serta nomor 101 yang digunakan Rahier saat juara di Belgia-Dakar 1985.

Mesin masih dengan tipe boxer berpenggerak akhir kopel, dan tertera pada  rangka tubular dengan ubahan khusus agar selaras dengan tema konsep.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*