Gentlemen’s Pact, ‘Movement’ Para Pemotor untuk Bangga pada Produk Lokal

0

Gentelemens_Pact_Jakarta_ride_68
Para penggiat kustom kulture di Jakarta menggagas Gentlement’s Pact, sebuah gerakan untuk bangga para produk lokal. Foto-foto: Elders & Arif

Jakarta (naikmotor) – Gerakan moral untuk bangga mengenakan produk lokal kini mulai dihembuskan para penggiat kustom kulture di Jakarta. Melalui Gentlemen’s Pact, para pemotor diajak untuk bisa mencintai produk-produk buatan sendiri atau Local Pride.

Menurut Heret Frasthio, salah satu penggagas Gentlemen’s Pact, ide membuat gerakan bangga pada produk lokal terinspirasi dari perjalanannya di Jepang beberapa waktu saat mengunjungi workshop-workshop custom.” Mereka sangat bangga dengan produknya sendiri dan kadang dijual lebih mahal ketimbang produk luar. Konteks ini yang ingin kita tularkan di sini karena industri di dunia motor khususnya custom berhubungan erat dengan produk,” sebut Heret yang mempersilakan kalangan komunitas bisa memanfaatkan area di Jalan Raya Lebak Bulus no.58 untuk digunakan beraktivias.

Menurut Heret, dengan makin berkembangnya dunia custom, tentu membuka kesempatan munculnya produk-produk lokal bukan sekadar clothing namun juga komponen atau aksesori lainya. “ Untuk itulah, kita butuh diskusi dan sharing pengalaman dengan para pelaku di dunia ini sebelumnya, salah satunya Djoko Iman Santoso ,” sebut Heret yang memasang hashtag #localpride untuk kegiatan ini.

Gentelemens_Pact_Jakarta_ride_55

Djoko Iman Santoso, founder Monochrome Cycles mengatakan rasa bangganya bila sekarang dunia custom bergerak naik karena di jamannya dulu masih terbatas para pelakunya dan akses untuk mendapatkannya.

“Bedanya hanya dulu belum macet kayak sekarang, jadi kita main motor enak. Program Gentlemen’s Pact ini sangat bagus dan layak didukung karena kita-kitalah yang harusnya bangga para produk sendiri karena builder atau pengguna motor custom termasuk komunitas itu salah satu yang menjadi trendsetter dalam penyebaraannya khususnya apparel,” jelas Iman yang kini banyak berbinis hunian di Bali dengan brand Hi Home.

Sementara Erlangga dari Thrive Motorcycles menambahkan, sebagai pelaku yang bermain di dunia custom, harus bisa menjaga binis bengkelnya tetap langgeng karena merupakan sumber kehidupan. “ Ya salah satunya bisa dengan mencoba bisnis aksesori atau apparel dan ikut aktif di acara-acara seperti ini untuk menambah link selain tentunya memberikan servis maksimal bengkel kita kepada konsumen,” sebutnya.

Acara Gentlemen’s Pact digelar pada Sabtu (4/6/2016) lalu ramai diserbu berbagai komunitas motor custom, sportbike hingga skuter dari Bogor, Depok, Bekasi hingga Bandung.

Dikawal tim #sundaystylishride, acara diawali riding dari Pati Unus menuju kawasan Lebak Bulus sebagai gathering menjelang bulan suci Ramadhan. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*