Pabrikan India Siap Boyong Kejayaan Norton dan BSA

0

BSA_Factory_Mahindra
Pabrikan otomotif terkemuka India, Mahindra dikabarkan sudah bertemu dengan para pejabat Norton dan BSA untuk mengakuisisinya. Foto: Istimewa

Jakarta (naikmotor) – Pabrikan otomotif asal India, Mahindra dikabarkan telah bertemu para petinggi Norton serta BSA, dua merek motor legendaris asal Inggris untuk menjajaki kelayakan mengakuisisi keduanya.

Mahindra kini telah menjadi salah satu produsen kendaraan penumpang dan traktor terkemuka. Pabrikan India itu juga dikenal mengkhususkan diri dalam produksi SUV diketahui telah mengakuisisi Ssangyong, sebuah produsen mobil Korea, pada tahun 2011. Pengambilalihan Ssangyong itu menjadi langkah pertama Mahindra memiliki pabrikan asing. Tahun lalu, Mahindra membeli 51 persen saham Peugeot Motorcycles. Jadi tak heran jika sekarang Mahindra mengincar dua pabrikan sepeda motor Inggris itu.

BSA-Rocket-3_Mahindra

Saat ini, baik Norton dan BSA tengah lesu dalam bisnis. Perusahaan Norton, di bawah CEO saat ini, Stuart Garner, hanya tercatat sekitar 4-5 sepeda motor yang terjual di Inggris. Sepertinya angka penjualan yang hanya untuk menunjukkan kalau merek itu masih ada. Kondisi yang tak jauh berbeda dialami juga oleh BSA. Sepertinya Mahindra akan bekerja keras ketika mengambil alih.

Jika mengikuti pola pikir Mahindra, tampaknya Mahindra akan menerapkan teknologi Peugeot pada kedua merek Inggris, agar produk bisa diterima di Eropa dan India. Walau spekulasi ini akan tergantung pada waktu. Tentu Norton akan menyambut tawaran investasi itu untuk mengembangkan model-model baru. Sementara jika memilih BSA, maka model baru tentu akan mewarisi kejayaan model yang terkenal dari jaman perang hingga besutan untuk motor balap.

Beberapa laporan mengatakan bahwa perwakilan dari Mahindra telah bertemu pejabat Norton dan BSA dan kesepakatan mungkin akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang. (Afid/nm)

Norton_Motorcycles

LEAVE A REPLY

*