Luis Salom Menyatukan Kembali Rossi dan Marquez Pasca Insiden Sepang

1
10 Momen tak terlupakan di MotoGP 2016
Rossi bersalaman dengan Marquez di Catalunya, salah satu momen di MotoGP 2016. Foto: Crash media

Rossi_marc_Shakehand_Catalunya
Momen saat Rossi dan Marquez bersalaman di parc ferme MotoGP Catalunya. Foto: captured

Barcelona (naikmotor) – Di hadapan 99.575 penonton di sirkuit Catalunya, Rossi dan Marquez mempertontonkan duel sengit khususnya di empat lap terakhir. Namun, pertarungan tersebut diakhir i dengan jabat tangan Rossi kepada Marquez di parc ferme.

Momen langka yang ditunggu-tunggu banyak penggemar balapan itu sungguh diluar dugaan, karena yang berinisiatif menghampiri pertama kali adalah Rossi. Sontak gambar kedua pembalap yang saling tak bertegur sapa usai insiden di Sepang tahun lalu pun beredar luas dan mendapat respons hangat.

Emosi balapan yang tersedot dalam 25 lap termasuk drama Lorenzo dan Iannone di tikungan 10 dalam sisa balapan 7 lap terbayar saat menyaksikan kedua idola MotoGP tersebut bersalaman. Marquez sendiri mengungkapkan bahwa penonton sangat menyukai pertarungan di antara mereka, meski diakui memiliki masalah pada front end.

Ya, salah satu faktornya karena Luis Salom, dimana keluarganya turut mempersilakan balapan dilanjutkan pascainsiden tewasnya pembalap Moto2 tersebut pada sesi latihan Jumat. Dan Rossi mempertontonkan bagaimana rasa respek itu ditunjukan untuk menghormati Luis Salom.

Setelah mengalami kegagalan teknis di MotoGP Mugello, Italia dua pekan sebelumnya, hari ini Minggu (5/6.2016) Valentino Rossi buktikan performa terbaiknya. Pembalap kawakan asal Italia itu mengambil alih kemenangan dengan pertarungan terbaik yang Ia sajikan di depan fans Spanyol.

Rossi_wins_MotoGP_Catalunya
Rossi menjuarai MotoGP Catalunya 2016 (Dorna MotoGP)

Namun ini tak mudah baginya, lantaran saat mengawali balapan Ia sempat terseok di urutan ketujuh. Namun saat balapan berlangsung Ia mampu memperbaiki performanya setelah menyusul satu per satu pembalap yang ada di depannya. Meski tak ada selebrasi khusus, namun semua penonton merasa puas meliha tbalapan kali ini.

“Senang rasanya bisa meraih hasil terbaik di sini. Saya tahu bahwa Marc Marquez membuntuti dari posisi belakang, namun saya sedikit memberikan spasi untuk membuat performa ban tetap baik. Setelah melihat momentum yang tepat, saya tancap gas untuk memberikan gap. Agar Ia tak punya kesempatan menyusul,” girang Rossi. Rossi juga menyatakan bahwa kemenangan di Catalunya merupakan salah satu pencapaian terbaik dalam kariernya.

Marquez yang finis di urutan kedua pun merasa puas. Meski harus kalah dari Rossi kali ini, namun Ia tak ingin ambil risiko terlalu besar. Apalagi saat balapan, Ia sempat melihat insiden antara Jorge Lorenzo dan Andrea Iannone di layar besar di pinggiran trek.

“Saya sebenarnya yakin kalau memaksakan performa bisa tampil lebih baik. Tapi saya tak ingin ada insiden seperti yang dialami oleh Lorenzo dan Iannone. Ngeri juga melihat insiden seperti itu, dan saya anggap kali ini masih oke untuk mengalah finis di urutan kedua. Selain bisa meraih pimpinan klasemen juga bisa memberikan pertunjukan seru bagi fans Spanyol,” kata Marquez.

Sementara di urutan ketiga, diraih oleh Dani Pedrosa dengan performa yang sedikit agak telat panas. Meski bisa tampil kompetitif, namun performanya tak cukup untuk mengejar Rossi dan Marquez yang sudah lebih dulu berada di urutan terdepan.

INsiden-Iannone

Cari gara-gara kembali dilakukan oleh Iannone. Pembalap Ducati itu melakukan take down pada Lorenzo yang berada di depannya. Padahal jika Ia bersabar, rasanya Iannone bisa menyusul Lorenzo di trek lurus. Akibat insiden tersebut, Iannone kabarnya bakal dikenai sanksi khusus. (Spy/NM)

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol:
1.    Valentino Rossi    ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 44m 37.589s
2.    Marc Marquez    ESP Repsol Honda Team (RC213V) 44m 40.241s
3.    Dani Pedrosa    ESP Repsol Honda Team (RC213V) 44m 43.902s
4.    Maverick Viñales    ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 45m 1.977s
5.    Pol Espargaro    ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 45m 7.135s
6.    Cal Crutchlow    GBR LCR Honda (RC213V) 45m 13.833s
7.    Andrea Dovizioso    ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 45m 19.053s
8.    Alvaro Bautista    ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 45m 20.564s
9.    Danilo Petrucci    ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 45m 22.926s
10.    Hector Barbera    ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 45m 24.258s
11.    Jack Miller    AUS Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 45m 27.103s
12.    Stefan Bradl    GER Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 45m 32.722s
13.    Eugene Laverty    IRL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 45m 35.563s
14.    Tito Rabat    ESP Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V)* 45m 37.730s
15.    Michele Pirro    ITA Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 45m 38.018s
16.    Scott Redding    GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 45m 53.858s
17.    Yonny Hernandez    COL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) +1 lap

Aleix Espargaro    ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) DNF
Jorge Lorenzo    ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) DNF
Andrea Iannone    ITA Ducati Team (Desmosedici GP) DNF

Bradley Smith    GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) DNF

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*