Juara Dunia Moto2 2015 Raih Pole Perdana di Catalunya

0

Zarco-Pole-Spain
Johann Zarco meraih pole position di sesi kualifikasi Moto2 Catalunya. Foto: Dorna MotoGP

Barcelona (naikmotor) – Mempertahankan titel juara dunia tahun sebelumnya memang jadi hal tersulit yang dilakukan oleh hampir semua pembalap. Ada saja hal yang membuatnya kesulitan untuk tampil esdominan tahun sebelumnya atau ada saja pembalap lain yang lebih kompetitif ketimbang dirinya.

Hal ini pula yang dirasakan oleh Johann Zarco usai meraih titel juara dunia Moto2 pertamanya tahun lalu. Namun apa yang terjadi tahun ini, sama sekali mencerminkan bahwa lain musim, akan lain juga tantangannya. Beruntung di sesi kualifikasi Moto2 Catalunya, Spanyol yang berlangsung Sabtu (4/6/2016), dia kembali tampil kompetitiif meraih posisi start terdepan.

Meski takkan mudah untuk melarikan diri saat balapan berlangsung, namun jika Ia mampu konsisten mempertahankan lap tercepatnya, maka kemungkinan untuk bisa tampil dominan lagi, sangat mungkin terjadi. Namun sekali lagi, ini takkan mudah. di grid start kedua yang berarti di sampingnya langsung, Ia akan menghadapi tekanan besar dari Alex Rins.

Pembalap yang belum menentukan langkahnya untuk musim 2017 di MotoGP itu, pun bakal saingan berat Zarco di Catalunya. Melihat pencapaian Riins dalam beberapa seri belakangan, agresifitasnya untuk meraih hasil terbaik di sirkuit bakal sulit dinafikan. Jadi Zarco harus lebih mewaspadai pembalap asal Spanyol tersebut.

Sementara Thomas Luthi, juga punya insight tersendiri tentang hal itu. Meski lebih sering dianggap pengacau pertandingan balap pembalap lainnya, namun Luthi tak dapat dianggap enteng. Pada tipe sirkuit tertentu seperti Catalunya, Ia punya trik yang dalam untuk menghadapinya.

Sedangkan pembalap tim Federal Oil Gresini Team, Sam Lowes masih terlihat pede. Meski tak terlalu dekat ke posisi pertama, namun start dari lini kedua sudah cukup untuk memberikan penetrasi lebih saat balapan berlangsung. (Spy/NM)

Hasil QTT Moto2 Spanyol:
1. Johann Zarco FRA Ajo Motorsport (Kalex) 1m 49.179s
2. Alex Rins SPA Paginas Amarillas HP 40 (Kalex) 1m 49.214s
3. Thomas Luthi SWI Garage Plus Interwetten (Kalex) 1m 49.472s
4. Takaaki Nakagami JPN IDEMITSU Honda Team Asia (Kalex) 1m 49.606s
5. Sam Lowes GBR Federal Oil Gresini Moto2 (Kalex) 1m 49.619s
6. Axel Pons SPA AGR Team (Kalex) 1m 49.661s
7. Alex Marquez SPA Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (Kalex) 1m 49.712s
8. Lorenzo Baldassarri ITA Forward Team (Kalex) 1m 49.753s
9. Marcel Schrotter GER AGR Team (Kalex) 1m 49.949s
10. Sandro Cortese GER Dynavolt Intact GP (Kalex) 1m 49.980s

LEAVE A REPLY

*