Honda Cub: Motor dengan Mesin Terbaik di Dunia

0

honda-super-cub

Jakarta (naikmotor) – Kenapa mesin ini bisa dimasukan dalam kategori mesin terbaik di dunia? Di antaranya  karena sudah diproduksi lebih dari 60 juta unit pada tahun 2008  dan berkonsumsi bahan bakar irit, 50,4 km/liter.

Dan itu dipastikan tetap akan bertahan. Pabrikan Honda memang merancangnya tidak muluk-muluk namun dibuat sesuai dengan tingkat keperluannya. Di dekade 50-an tipe ini sangat luar biasa dan terbukti hingga hingga sekarang mampu bertahan diterima berbagai golongan masyarakat.

Kecepatan asli mesin 49 cc versi ohv mampu menuai tenaga 4,4 hp pada putaran 9500 rpm, sedangkan top speednya mencapai 72 km/jam. Untuk memangkas biaya produksi, mereka tidak menggunakan pompa oli, tapi distribusi oli tersebut disalurkan melalui conrod ketika piston melakukan tekanan ke atas permukaaan silinder. Kemudian transmisinya menganut sistem kopling sentrifugal otomatis dengan tiga percepatan.

Mesin ini nyaris tidak mempunyai kekuarangan  karena memang  diproyeksikan untuk performa harian bukan untuk kompetisi.Desain karya Soichiro Honda dan orang kepercayaannya, Takeo Fujisawa ini telah terbukti setelah mengikuti tour Eropa tahun 1956, lalu model Cub diperkenalkan di Jepang tahun 1958 dan mulai di ekspor tahun berikutnya.

Pertengahan ‘ 60-an dirilis versi 70 dan 90 cc yang ditawarkan dengan menggunakan mesin  overhead camshaft dan silinder headnya bermaterial alloy. Tenaganya memang kurang,  bunyi mesin dan saat perpindahan gigi selalu mengiringinya hal ini dirasakan oleh hampir setiap pemakainya. Namun, melalui model C90 yang dianggap modern, kecepatan yang dihasilkannya mampu menorehkan angka 88 km/jam.(Arif/nm)

Honda_super_cub,_1st_Gen

LEAVE A REPLY

*