Kejurnas IRS 2016 Seri 2: Dari Riset Motor Baru Sampai Balap Komunitas

0

Kejurnas_IRS_2016_Seri2
Kejurnas IRS 2016 Seri 2mnejadi ajang riset tim Honda untuk motor All New Honda CBR150R. Foto: Arif

Sentul (naikmotor) – Hadirnya Kejurnas Indospeed Race Series (IRS) 2016 Seri 2 di Sentul memberikan warna lain baik dari kualitas maupun kuantitas. Hadirnya tim baru, riset motor baru hingga balapan komunitas.

PT Astra Honda Motor misalnya, memanfaatkan ajang IRS 2016 seri 2 sebagai arena riset untuk pengembangan All New Honda CBR150R. Hasilnya sudah terlihat menjanjikan. Wawan Hermawan ART Jogjakarta yang diplot sebagai test rider menunjukan performa yang baik.Di sesi kualifikasi menempati urutan keempat dengan catatan waktu 1:52,920 kemudian sempat memimpin di sesi warm-up hingga di race day mamp duduk di posisi keempat.

Kejurnas_IRS_2016_Seri2_2

“ Risetnya belum lama jadi masih dalam tahap ujicoba.Namun secara mesin dan bodi lebih baik. Torsi bawahnya bagus dan cepat, hanya tinggal kurang putaran atasnya masih kurang. Tinggal sedikit lagi,” ujar Wawan.

Di saat race, Wawan juga mampu menunjukan kemampuan terbaiknya hingga beberapa kali bersaing dengan pembalap di depan.” Sayang menjelang lap akhir saya terhalang insiden pembalap lain, jadi hanya bisa posisi empat,” sebutnya. Performa All New Honda CBR150R juga didukung suspensi jempolan, Ohlins di depan dan belakang.

Kejurnas_IRS_2016_Seri2_3

Menurut Wawan, dari hasil riset di motornya yang ditangani oleh Suhartanto atau Kupret dari AHM, nanti akan dibagikan ke tim-tim lainnya. Selain Wawan, di kelas Kejurnas Sport 150 kemarin, tim-tim Honda lainnya yang sudah menggunakan All New Honda CBR150 adalah Wahyu Widodo (Honda Kawahara), Anggi Permana (Sidrap Honda Trijaya), serta Ivan Atmaja Ilegal B’Pro Racing.

Semarak Kejurnas IRS 2016 Seri 2 juga makin berwarna dengan dibukanya kelas komunitas Yamaha R25 yang difasilitasi oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Beberapa rider yang memiliki catatan waktu baik di seri Yamaha Sunday Race (YSR) dari berbagai komunitas penggila balap ikut ambil memanaskan persaingan.

Komunitas-Yamaha-R25-di-IRS-2016-Seri-2_2

“Regulasinya kita yang buat dan seleksi ridernya berdasarkan waktu terbaik mereka di kelas komunitas A dan Pro event YSR kemarin. Kita ingin menambah jam terbang mereka dengan mengikuti balapan Kejurnas di IRS,” Sebut Supriyanto, Manajer Motorsport YIMM.

Sedangkan warna lainnya di Kejurnas IRS 2016 seri 2 adalah hadirnya Kawasaki KYT Manual Tech melalui tiga pembalapnya Gupitra Kresna di kelas Sport 250, kemudian HA Yudhistira dan AM Fadly di kelas Supersport 600cc.

Kejurnas_IRS_2016_Seri2_1

Kelas Supersport 600 mampu menghadirkan pertarungan sengit khususnya Yudhistira dan Gerry Salim (Astra Honda Racing Team) dimana keduanya masing-masing bergantian menjadi juara dalam dua race. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*