Modifikasi Vespa Sprint Desert Racer untuk Offroad

0

vespa_sprint_desert_racer_1
Modifikasi Vespa offroad dari Supacustom Australia yang disebut Desert Racer. Foto: Supacustom

Bonneville (naikmotor) – Sebuah ide nyeleneh datang dari penggemar Vespa di Bonneville Australia dengan mengubah Vespa Sprint 150 yang popular menjadi penjelajah gurun, Desert Racer.

Mengubah Vespa Sprint menjadi “motocross” tampaknya didasari karena Bonneville memiliki trek datar mirip dengan Salt Lake di Amerika Serikat dengan panjang 20 km. Dan Salt Lake Geidner di Bonneville pun seperti Salt Lake Amerika yang menjadi ajang adu kecepatan.

Eventnya yang terkenal adalah DLRA (Dry Lake Racers Australia). Tetapi berbeda dengan Salt Lake yang berisi garam, di Bonneville lebih banyak pasirnya sehingga lebih mirip gurun pasir datar.

vespa_sprint_desert_racer_Bonneville_1

Proyek Vespa Sprint 150 Desert Racer dibuat oleh Supacustom dari Australia. Langkah pertamanya adalah memperkuat rangka dengan tambahan struktur tubular, sehingga lebih tangguh di medan offroad. Suspensi pun diganti dengan model untuk Enduro Bitubo untuk menambah ground clearance yang lebih tinggi

Bahkan posisi pengendara turut diubah dengan setang lebar merek Renthal, dan jok tunggal kustom yang diposisikan agak mundur. Diikuti dengan penempatan pijakan kaki pengendara juga agak mundur, agar kontrol lebih mudah dan titik berat bergeser ke bagian belakang.

vespa_sprint_desert_racer_Bonneville_3

Sementara mesin telah direvisi, filter udara berjumlah 3 dan ditempatkan di dek, untuk memastikan debit udara lebih dari cukup. Sedangkan knalpot model racing Pro Circuit tampak ditempatkan di dek agar aman dari benturan.

Sepertinya model akan menjadi contoh untuk uji tangguh Vespa di medan offroad meski di medan gurun. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*