Catatan Perjalanan Rossi di Mugello dalam Galeri Foto

0

2002-valentino-rossi-mugello
Valentino Rossi saat masih membesut Honda dan memenangkan seri Mugello tahun 2002. Foto: Istimewa

Jakarta (naikmotor) – Valentino Rossi dan Mugello adalah sebuah kisah cinta yang panjang. Meski sempat mengalami masa muram, tapi Rossi menorehkan berbagai peristiwa spektakuler khususnya dalam berduel dengan para pesaing. Rossi tercatat sudah mengemas tujuh kemenangan di seri Mugello.

Catatan ini diraih dengan cara beruntun dari tahun 2002 hingga 2008. Sirkuit Mugello dibangun tahun 1974 memiliki panjang 5.245 meter dengan lebar 14 meter serta trek lurus 1,141 meter dihiasi enam tikungan ke kiri dan sembilan ke kanan.

Sejarah antara The Doctor dan Mugello memang tidak dimulai dengan catatan menarik. Pada tahun 2000, Rossi memberi tontonan seru dengan bertarung melawan Biaggi dan Capirossi yang akhirnya berakhir dengan insiden yang menimpa dirinya. Capirex berhasil memenangkan pertarungan yang menjadi salah satu seri terbaik di kelas GP500 saat itu.

Setahun berikutnya, Rossi yang datang dengan livery bergaya Hawaii juga tergelincir di atas lintasan yang basah dan mendudukkan Alex Barros di podium utama. Keberhasilannya menaklukan Mugello mulai datang pada tahun 2002 yang menjadi tahun pertama dari seri GP era 4-tak. Kejayaan Rossi muncul di rentang waktu 2002-2008.

Salah satu seri di tahun 2004  antara lain berhasil  menjinakkan aksi Gibernau yang liar di saat lintasan hujan dengan memacu Honda. Tahun 2005 juga tercatat sebagai duel epik dengan  Biaggi, Capirossi dan Melandri naik Honda. Setelah itu Rossi nyaris tanpa mendapat perlawanan hingga tahun 2008 bersama Yamaha.

Kemudian di tahun 2009, podium utama direngkuh Casey Stoner dengan Ducati dan dominasi Rossi mulai pudar. Apalagi sempat bergabung dengan Ducati yang tanpa memberikan hasil maksimal serta mendapat musibah kecelakaan terburuk dalam kariernya dan mengantarkan Pedrosa meriah kampiun di 2010.

Lorenzo kemudian masuk untuk menyapu bersih dan berkuasa mulai 2011 hingga 2013 sebelum Marquez  mengadangnya di 2014. Lorenzo kebali muncul di tahun 2015 untuk menjadi penguasa Mugello.

“ Saya suka Mugello dan atmosfernya. Ini sangat sulit bagi saya untuk menjaga konsentrasi di sini karena selalu ada begitu banyak teman-teman dan semua fans club. Aku punya beberapa kemenangan di sini, banyak pertempuran besar dan banyak kenangan yang baik. Saya pikir tahun ini kita bisa bersaing karena motor kami sekarang kompetitif  saya merasa di puncak performa,” tukas Rossi. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*