T12 Massimo, Superbike Mewah Seharga Rp 4,6 Miliar

0

T2_Massimo (1)
T2 Massimo superbike berjantung mesin BMW S1000RR karya desainer Massimo Tamburini. Foto: Motorcycle

Rimini (naikmotor) – Massimo Tamburini adalah desainer sepeda motor paling popular dari Italia, karyanya sudah melekat pada merek-merek terkemuka Italia, seperti Cagiva, MV Agusta dan Ducati. Bahkan, Massimo dikenal sebagai salah satu pendiri Bimota produk eksotik bermesin Ducati.

Tetapi Massimo telah meninggal dunia pada 2014 lalu dan meninggalkan sebuah karya terakhirnya sebuah superbike yang hampir rampung. Sehingga pada akhirnya rancangannya itu diselesaikan oleh anaknya, Andrea Tamburini.

T2_Massimo (3)

Karya terakhir Massimo itu dilabeli sebagai T12 Massimo, superbike yang ditenagai mesin BMW S1000RR 4 silinder segaris. Mesin menghasilkan lebih dari 230 daya kuda pada sepeda motor berbobot 155 kg itu.

Berbagai komponen kelas satu pun diterapkan padanya, seperti Öhlins, Brembo, dan Marchesini. Sasisnya sendiri menggunakan sistem yang dipatentkan Massimo, yang memungkinkan pengaturan flexural rigidity pada rangkanya. Bahan baja chromoly digunakan untuk sasis tersebut, sementara komstir, swingarm single side, dan pelek Marchesini menggunakan bahan magnesium. Sisanya menggunakan bahan serat karbon.

T2_Massimo (5)

Produk saat ini baru dihasilkan dua unit sebagai prototipe, dan berikutnya bisa saja dibangun untuk custom dan keinginan konsumen. Dan harga yang ditawarkan dalam situs massimotamburini.com adalah USD342 ribu atau sekitar Rp 4,6 miliar per unitnya.(Afid/nm)

T2_Massimo (4)

Spesifikasi T12 Massimo
Mesin BMW S1000RR Superbike 4 silinder segaris, DOHC, 4 katup persilinder, berpendinginan cairan.
Kapasitas 999cc
Bore 80mm x stroke 49,7mm
Tenaga lebih dari 230 daya kuda
Kelistrikan Motec M170
Pelumasan dipompa dan wet sump
Kenalpot Arrow 4-1
Kopling terendam oli
Transmisi 6 percepatan manual dengan quickshifter model balap
Penggerak akhir rantai
Sasis dengan lateral stiffness yang bisa disesuaikan, telah dipatenkan
Rangka model trelis tabung baja dengan plat magnesium cetakan
Suspensi depan dan belakang Ohlins
Rem depan Brembo racing, dengan master PR 19-18 tipe GP, kaliper depan empat piston P4.34/38 monoblok radial mount dengan selang quick release produk Staubli, Cakram depan baja 320 mm
Rem belakang Brembo racing, dengan master PS13 tipe GP, kaliper  P2.34 monoblok cakram baja 218 mm
Pelek depan dan belakang magnesium cetak, ban depan radial  Pirelli Diablo SBK racing 120/70-17, dan belakang Pirelli Diablo SBK racing 200/60-17
Sudut rake kemudi adjustable
Teleforks tri-clamps offset adjustable
Trail: adjustable
Berat kosong 155 kg

T2_Massimo (2)

LEAVE A REPLY

*