Ini Spesifikasi Motor Listrik GESITS dari Tim Riset ITS

0

Skuter_Listrik_GESITS_Garansindo_ITS
GESITS mendapat penyempurnaan dari versi mock-up yang ditampilkan di IIMS 2015 lalu. Foto: Garansindo

Surabaya (naikmotor) –  Motor listrik berwujud skuter hasil kolaborasi antara Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), baru saja diluncurkan prototipenya di ITS Surabaya, 3 Mei 2016 dengan nama GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS).

Untuk selanjutnya skuter listrik ini akan diuji jalan dan performanya dengan dynometer selama tahun 2016. Unit purwarupa itupun kelak akan diurai komponen penyusunnya agar bisa diidentifikasi supplier serta UKM untuk produksi komponennya.

“Tentu kondisinya sudah jauh berbeda dengan motor mock-up yang ditampilkan saat IIMS 2015, sekarang sudah utuh wujudnya sebagai skuter, komponennya sudah presisi dan kokoh. Yang menyolok perbedaannya pada transmisi, kini pakai sabuk bukan lagi rantai,” terang Grangsang Sotyaramadhani, anggota tim riset dari ITS saat berbincang dengan NaikMotor.com. “Dan bisa dikendarai untuk uji jalan, itu artinya bagian kami sudah tuntas.”

Grangsang melanjutkan, “Kecuali bodi dan penggerak sabuknya, purwarupa ini masih memiliki spesifikasi mekanikal yang sama dengan mock up di IIMS 2015.” Konsep motor listrik bermodel skuter tersebut kecuali sel baterainya yang didatangkan dari Jepang dan China, semua komponen bodi dan sistem penggeraknya buatan lokal.

Skuter_listrik_nasional_GESITS_Garansindo_ITS

Pihak ITS akan berkewajiban melakukan purwa rupa sistem penggeraknya seperti motor listrik, controller, battery pack, display dan managemen baterainya. Battery management system mempunyai kecepatan proses 1Mbps dengan komunikasi CAN bus, sensor suhu dengan 4 thermistor, mampu mengelola tegangan hingga 180VDC, 2 digital input dan 3 digital input.

Sementara menurut Dr Muhammad Nur Yuniarto ST selaku Kepala Peneliti Kendaraan Listrik ITS, dimensi GESITS menyerupai ukuran motor pada umumnya. “Serupa dengan motor bebek yang biasa dijual, namun Anda tidak akan pernah dapat menemukan knalpot pada motor kami,” candanya. Secara tidak langsung Nur telah menegaskan bahwa penggunaan motor listrik aman bagi lingkungan, karena bersifat nirpolutan.

Kerjasama antara ITS dengan Garansindo Group meliputi pembagian aspek kerja. ITS bertanggung jawab terhadap riset, sesuai dengan bidang studinya. Sedangkan PT Garansindo berkelutik dalam sektor industri serta produksi massal, sebagaimana yang diungkapkan Nur. Nur berharap kerja sama ini dimasa depan dapat mewujudkan sinergi yang baik antara Pendidikan, Bisnis serta Pemerintahan.(Afid/nm)

Spesifikasi skuter listrik GESITS
Motor 10kW 96VDC brushless permanent magnet berpendinginan udara
Tenaga puncak 5kW @3.000 rpm
Torsi 15 Nm
Transmisi sabuk dengan rasio 1:3 (motor-roda)
Dimensi Panjang 1.904mm x Lebar 687mm x Tinggi 1.086mm
Rangka tubular
Bodi plat baja, serat kaca, dan plastik
Suspensi depan teleskopik
Suspensi belakang swingarm monoshock
Rem depan hidrolik piston tunggal
Rem belakang tromol
Baterai Li-ion 1,98 kWh, rangkaian serial-parallel lightpen battery 3,7 VDC (sekitar 120 buah)
Jarak tempuh maksimum 80 – 100 km
Motor control dengan driver half bridge MOSFET 3 parallel, sensor hall effect

GESITS_4

LEAVE A REPLY

*