Moge BMW Dibekali Fitur Panggilan Darurat

0

BMW_Motorrad_IEC
BMW Motorrad akan lengkapi produknys dengan Intelligent Emergency Call (IEC) . Foto: BMW Motorrad

Munich (naikmotor) – Berkendara dengan sepeda motor akan lebih aman jika Intelligent Emergency Call (IEC) diterapkan pada 2017. Sebab jika pengendara mengalami kecelakaan atau kondisi darurat lainnya, maka sistem akan menghubungi unit pertolongan dengan cepat.

Hasil penelitian pan-European pada 2011 menyebutkan kendaraan yang dilengkapi emergency call system (eCall) akan mendapatkan pertolongan 40-45% lebih cepat dibandingkan kendaraan tanpa sistem tersebut. Makanya pada 2018, eCall akan diwajibkan diterapkan pada semua kendaraan yang dijual di Eropa. Maka penerapan pada sepeda motor tinggal menunggu waktu.

IEC BMW, saat terjadi kondisi darurat baik secara otomatis atau dinyalakan manual akan mengirimkan data seperti koordinat ke BMW Call Center, yang akan segera menggalang sistem pertolongan lainnya. Posisi sepeda motor terakhir, dan arah menuju posisinya akan terus ditransmisikan, untuk mempermudah pencarian dan menuju lokasi kecelakaan.

Saat bekerja IEC akan memanfaatkan komunikasi selular yang ditanamkan pada sepeda motor. Semua provider bisa digunakan, dan layanan akan mengcover semua negara Eropa.

Jika kasus dsrurst tidak terlalu serius, pengendara bisa membatalkan panggilan dengan menekan sebuah tombol. Selain itu, sistem IEC bisa juga mengenali kondisi yang bukan darurat seperti motor terguling saat parkir atau saat jalan pelan tanpa melibatkan pengguna lalu lintas lain. Sebaliknya sistem bisa mendeteksi saat tabrakan dengan kendaraan lain atau objek lain, sebuah sensor sudut kemiringan akan membaca ketinggian sisi motor.

Sistem IEC eCall system, akan diterapkan pada awal 2017, sebagai layanan premium dengan cakupan internasional. Jika komunikasi suara dimanfaatkan, pengguna bisa berkomunikasi dengan BMW Call Center dalam bahasa Nasional mereka. IEC akan diperkenalkan pertama kali di Jerman dan kemudian negara-negara Eropa lainnya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*