Suara Pelarangan Winglet Makin Kencang

0

Winglet_Sentuh_Badan_Marquez
Punggung bagian bawah Marquez terkena sayap depan di motor Andrea Iannone. Foto: Crash

Jerez (naikmotor) – Efek buruk penggunaan winglet (sayap kecil di motor MotoGP) mulai dirasakan mengganggu sistem safety pembalap di ajang balap tersebut. Sayap motor Ducati dan Yamaha yang berada di depan, memang dirasakan cukup ampuh untuk membantu anti wheelie, tapi di saat bersamaan ini malah berbahaya bagi pembalap lain.

Foto di atas adalah salah satu contoh nyatanya. Ketika Andrea Iannone ingin menyusul Marc Marquez, punggung bagian bawah Marquez terkena sayap depan di motor Andrea Iannone. Beruntung Marquez tidak tersenggol dengan keras, sehingga cenderung masih merasa tak ada gangguan.

Tapi bisa dibayangkan seandainya insiden yang terjadi seperti yang dialami oleh Andrea Dovizioso saat tertabrak di tikungan oleh motor Dani Pedrosa. Kemungkinan besar, Dovi bisa mengalami cedera punggung jika tertabrak dengan keras sayap depan seperti itu.

“Masalahnya sekarang adalah belum adanya komitmen bulat dari MSMA (motorsport manufacture association) tentang komponen tersebut. Kami tidak tahu apa yang akan terjadi di Le Mans, Perancis pekan ini, karena proposan tentang winglet ini juga belum ada,” beber MotoGP Director of Technology, Corrado Checcinelli.

Pria asal Italia itu juga menegaskan bahwa memang tidak adil rasanya jika langsung melakukan pelarangan komponen tersebut di musim berjalan. Karena bisa jadi komponen ini menjadi kuncian sebuah tim bisa tampil kompetitif. Apalagi memang tidak ada regulasi khusus yang membatasinya. Tapi dalam konteks safety pembalap, maka ini adalah prioritas. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

*