Guna Bangsa Rayakan 4 Tahun dengan Cerdaskan Anak Bangsa

0
Guna_bangsa_2
Guna Bangsa rayakan ultah ke-4 dengan berkomitmen cerdaskan anak bangsa. Foto: Istimewa

Jakarta (naikmotor) – Komunitas Guna Bangsa (GB), masih saja menerapkan pakem paguyuban meski sudah 4 tahun berkiprah. Tak ada istilah ketua ataupun sekretaris jenderal, semua aktifitas dilakukan spontanitas atas usulan anggota. Bahkan, anggotaannya yang kini sekitar 25 orang pun tak lagi pengguna skuter Italia (Vespa) bahkan ada juga yang menggunakan sportbike Ducati dan motor besar lainnya.

Menurut Abe, “GB saat ini memiliki misi untuk membantu mencerdaskan anak bangsa, melalui donasi buku. Sebab buku akan membuka wawasan anak-anak Indonesia.”

“Makanya kami kemudian mengadakan touring ke Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Februari 2016 lalu. Dan sambil menikmati alam Sumatera kami bagikan buku kepada anak-anak di daerah ‘terpencil’. Anak-anak usia sekolah yang seharusnya berada di kelas pada jam belajar,” paparnya tentang Ride and Share Movies, dokumentasi perjalanan turing sambil berbagi itu. Video yang ditunjukkan kepada komunitas sepeda motor dan Vespa lainnya pada saat perayaan 4 tahun GB di Bale Sarwono, Kemang Jakarta Selatan, Jumat (29/4/2016).

“Perjalanan kita mulai dari Jakarta-Palembang-Bangka dan selesai di Belitung. Ada sekitar 600 buku yang kita bagikan, dan kebetulan ada 6 unit Vespa yang turut dalam event, uniknya hampir semua model Vespa moderen terwakili juga. Ada model S, LX, Primavera, Sprint, GT hingga GTV. Sehingga tiap Vespa membawa 100 buah buku di dek mereka.”

“Rata-rata guru, atau masyarakat di sana menyambut baik, sebab kami pun memberikan pencerahan betapa pentingnya buku seperti membuka jendela dunia. Buku terakhir tersalurkan di SDN 3 Tanjung Pandan, Belitung,”

“Tahun depan kita berencana membawa 1 juta buku, tujuannya sedang kita godok, antara Manado, Makassar, dan Wakatobi,” tutupnya. (Afid/nm)
 

Guna_bangsa_1

LEAVE A REPLY