Federal Racing, Pelumas Full Sintetis Berperforma Tinggi

0

Federal_Oil_Racing
Federal Racing merupakan oli motor full sintetis dengan jaminan performa tinggi. Foto: Federal Oil

Jakarta (naikmotor) -Seiring dengan maraknya kegiatan motorsport dan mulai populernya model motor sport atau sportbike (motor laki) tentunya mesti ditunjang dengan pelumas yang sesuai dengan kinerja mesinnya, yang cenderung lebih berat kerjanya. Dengan kubikasinya lebih besar (di atas 150 cc), bobot sepeda motor pun lebih berat, dan biasanya dikendarai dengan kecepatan tinggi. Meski umumnya pendinginan mesin sudah dengan sistem liquid cooled tetapi ada model yang masih mengandalkan pendinginan udara.

Maka pelumas yang dibutuhkan harus mampu menembus celah antar komponen dengan cepat, melumasi sekaligus mengalirkan panas ke bagian pendinginan atau permukaan mesin untuk disipasi panas ke lingkungan. Dibandingkan dengan pelumas berbahan dasar mineral, oli sintetis memiliki struktur karbon yang panjang karena diproduksi di ‘laboratorium khusus’ dengan cara ekstraksi.

“Bahan dasar untuk pelumas sintetis seperti iso polymerized synthetic base, kita gunakan untuk produksi pelumas Federal Racing,” ujar Mardiani Indriastuti, Advertising & Promotion Departement PT Federal Karyatama.

Federal Racing adalah salah satu oli sintetis yang menjadi andalan PT. Federal Karyatama, produsen Federal Oil. Produk memiliki viskositas SAE 10W-40 dengan API Service SL. Dan memenuhi standar JASO MA2 atau pelumas untuk mesin sepeda motor dengan kopling terendam oli atau wet clutch, seperti pada sportbike dan underbone/ bebek. Sehingga pelumasan komponen metal mesin tetap optimal, tetapi pada kopling malah meningkat gaya geseknya. Sehingga tenaga mesin akan tersalur lebih optimal. Tak heran jika produk termasuk Top Brand 2016, untuk kategori oli sepeda motor.

Saat berkendara di kecepatan rendah tidak menjadi kental karena sifat dari bahan full synthetic, kekentalan oli tetap terjaga. Sementara pada kecepatan tinggi, pelumas tidak menjadi encer yang menbuat sirkulasi oli di dalam mesin tetap mengalir sempurna. Dengan begitu pelumas Federal Racing mampu melindungi mesin dengan sempurna.

Pelumas ini pun memiliki aditif Reactive Anti Oxidant yang menambah kestabilan oli sehingga tidak mudah teroksidasi. Pelumas yang teroksidasi akan mudah turun performanya sehingga pelumas tersebut tidak dapat bekerja dengan baik dan mempengangaruhi kinerja mesin secara keseluruhan.

Reactive Anti Oxidant merupakan aditif yang dirancang khusus untuk memenuhi spesifikasi pelumas berkualitas tinggi. Sangat cocok untuk mesin-mesin berteknologi canggih dengan performa tinggi yang membutuhkan pelumas dengan performa tinggi pula.

Aditif lainnya yang terdapat di Federal Racing adalah Double Act Cleaner, ialah aditif yang tugasnya membersihkan mesin dan melindungi oli dari kontaminan yang akan mengurangi performanya.

“Pelumas Federal Racing dipasarkan dalam kemasan 1 liter saja, dengan harga eceran tertinggi Rp 50 ribu,” lanjut Danny, panggilan Mardiana Astuti.

“Pelumas Federal Racing bisa dipakai untuk harian, selai dipakai juga oleh beberapa team balap dengan varian motornya untuk balapan roadrace, dragrace, trail, bahkan freestyler,” tutup Danny. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*