111 Tahun Hilang, Motor Klasik California Milik George Wyman Ditemukan

0

george-wyman-1903
George Wyman, orang pertama yang berkeliling Amerika naik motor. Foto: Istimewa

Texas (naikmotor) – Sebuah motor klasik yang diduga sebagai sepeda motor pertama yang digunakan untuk berkeliling Amerika ditemukan setelah hampir 111 tahun menghilang.

George A. Wyman adalah seorang arsitek, yang menjadi orang pertama berkeliling Amerika naik motor. Ia membuat perjalanan epik dengan motor California yang dimulai dari San Francisco, CA pada 16 Mei dan berakhir 50 hari kemudian di New York pada 6 Juli 1903. Wyman mendapat rekor sebagai orang Amerika pertama yang mengendarai sepeda motor jarak jauh dan terberat di dunia.

Desain sepeda motor California masih sangat sederhana, menggunakan ban tipis, tanpa ada shockabsorber, hanya ada dua per kecil di bawah jok, sangat tidak nyaman untuk dikendarai.

Setelah digunakan beberapa minggu, Wyman membiarkan motornya dipajang di New York Straight, kemudian dipindahkan ke Musium Golden Gate di San Fransisco. Tak sampai dua tahun, motor tersebut menghilang tanpa jejak.

Banyak desas-desus tentang keberadaan kuda besi bersejarah itu, ada yang mengatakan hancur karena gempa bumi di San Fransisco tahun 1906, ada pula yang mengatakan dipajang di sebuah bar. Rumor lain menyebut penerbit surat kabar Los Angels Times yang juga pecinta sepeda motor, Otis Chandler membelinya tahun 1970-an.

Setelah Chandler wafat pada tahun 2006, Wyman Memorial Association mendapat kabar mengenai motor tersebut dari rekan Chandler, Dave Scoffone.

Belum ada bukti kuat yang meyakinkan bahwa motor klasik itu adalah unit yang asli. Namun, beberapa komponen menunjukan kesamaan seperti saat Wyman melakukan perjalanan untuk pertama kali, seperti rak untuk membawa bahan bakar ekstra, serta tempat penyimpanan berbentuk segitiga yang terletak di antara estang kemudi dan jok.

Humas Wyman Memorial Project Tyim Masterson, mengatakan, mereka sedang mencari bukti foto atau dokumentasi yang dapat mendukung keaslian motor yang mereka dapatkan itu.

“Jika dapat dibuktikan, ini akan menjadi aset negara,” ujar Masterson. Selain itu, motor bersejarah itu juga akan bernilai sangat mahal jika terbukti keasliannya.(Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY