Andi Gilang akan Debut CEV Moto3 Junior Pekan ini

0
berlatih late braking
Dua pembalap AHRT bersiap menghadapi FIM CEV Estoril Portugal, 23 Juli 2017. Foto: Dok.NMC
Andi_Gilang_dan_Dimas_Ekky
Andi Gilang (kiri) akhir pekan ini awali debut CEV Moto3 2016. Foto: Dok.NMC

Valencia (naikmotor) – Dua pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Dimas Ekky Pratama  dan Andi Gilang, siap mencetak prestasi di kejuaraan balap bergengsi (Campeonato de Espana de Velocidad) CEV International Championship yang berlangsung di pada Minggu, 17 April 2016 di sirkuit Richardo Tormo, Valencia, Spanyol. Keikutsertaan para pebalap berbakat Tanah Air ini merupakan upaya mengakselerasi kompetensi balap menuju jenjang balap tertinggi MotoGP.

Andi Gilang untuk pertama kalinya akan terjun di CEV Moto3 Junior World Championship. Sementara itu, Dimas Ekky yang sempat ikut ajang balap ini akan bertanding di kelas Moto2 European Championship. Untuk dapat cepat beradaptasi dengan sirkuit, motor balap yang digunakan, maupun regulasi balap CEV International Championship, kedua rider binaan AHM ini telah menjalani tes pramusim pada bulan lalu.

Dalam tes pramusim CEV Moto2 European Championship yang berlangsung pada 10-11 Maret 2016, Dimas Ekky Pratama yang menggunakan motor Kalex mampu menyelesaikan 47 lap di tengah kondisi suhu ekstrim antara 5-10 derajat Celcius. Sementara itu, Andi Gilang juga menjalani tes pramusim CEV Moto3 Junior World Championship pada 27 Maret – 5 April 2016 di Barcelona, Spanyol, dengan Honda NSF250RW. Andi Gilang bahkan juga menjalani olahraga fisik dengan sepeda dan dirt bike (untuk motocross) pada Februari lalu. Berbekal persiapan fisik dan tes pramusim yang telah dijalani, keduanya diyakini akan mampu memberikan prestasi yang membanggakan kepada masyarakat Indonesia.

Dimas Ekky Pratama diterjunkan AHM dalam CEV International Championship kelas Moto2 European Championship 2016 yang diikuti sekitar 30 pebalap dari berbagai negara lintas benua Eropa, Asia, Amerika, Australia. Kejuaraan ini berlangsung sebanyak 7 seri di berbagai sirkuit balap Eropa, yaitu sirkuit Algarve, Portugal (April), Catalunya, Spanyol (Juni), Aragon, Spanyol (Juli), Albacete, Spanyol (September), Navarra, Spanyol (Oktober), Jerez, Spanyol (November), dan Valencia, Spanyol (November).

Sementara itu, Andi Gilang untuk pertama kalinya mengasah kompetensi balapnya pada kejuaraan CEV International Championship kelas Moto3 Junior World Championship 2016 yang diikuti sebanyak 40 pebalap dari berbagai negara lintas benua. Balapan berlangsung sebanyak 8 seri di berbagai sirkuit  balap Eropa, yaitu sirkuit Valencia, Spanyol (April), Le Mans, Prancis (Mei), Aragon, Spanyol (Mei), Catalunya, Spanyol (Juni), Albacete, Spanyol (Juli), Algarve, Portugal (Agustus), Jerez, Spanyol (Oktober), dan Valencia, Spanyol (November).

CEV International Championship telah lama dikenal sebagai salah satu jenjang balap terbaik menuju MotoGP. Melalui ajang ini, lahir para pebalap berprestasi yang mampu menggenggam gelar juara dunia MotoGP, seperti Marc Marquez. Tahun ini, CEV Championship digelar dengan membuka berbagai kelas, seperti Moto3 Junior World Championship, Moto2 European Championship, Superbike European Championship.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM A. Indraputra mengatakan upaya menurunkan dua pebalap binaan AHM hingga ke ajang balap CEV International Championship merupakan salah satu komitmen AHM dalam menyiapkan pebalap berprestasi yang akan bertanding di MotoGP. (Rls/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here