Enjoy Ape Hangers

0
16

ape-hangers1

Bandung (naikmotor) Persiapan Wing Day IX di Pangandaran, sekumpulan penggemar setang tinggi di HDCI Bandung membuat teaser

Bukan bermaksud membuat komunitas sempalan dari HDCI Bandung, namun gaya hidup segelintir masyarakat perkotaan atau kaum urban tertentu yang memiliki hobi berotomotif, memilih berekspresi dengan sarana motor besar yang jadi tunggangannya.

Berbagai alasan dapat dikemukakan, mengapa misalnya jenis motor gede Harley-Davidson (H-D) yang jadi sarana untuk unjuk jati diri atau berekspresi tersebut.

Di antara para penggila motor besar asal Amerika Serikat tersebut, atau setidaknya sebagian dari anggota Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI Bandung), menentukan jenis pilihan menggunakan H-D dengan gaya setang tinggi atau ape hangers handlebar bagi motor kesayangannya. Mereka pun berencana untuk kembali unjuk diri berkiprah bulan mendatang.

“Bikin kegiatan lagi, hitung-hitung pemanasan menjelang digelarnya Wing Day IX April nanti. Sejatinya telah terbentuk kumpulan para penggemar ape hangers sejak 2010 lalu. Namun sempat vakum dalam beberapa tahun terakhir. Kini semakin banyak peminatnya dan saya mencoba untuk menghimpunnya kembali. Tetapi ini bukan sebagai klub terpisah atau sempalan dari klub induk. Ini kumpulan untuk asyik-asyik saja,” kata Roy Jody, anggota HDCI Bandung penggemar ape hangers.

Diyakini oleh mereka, bahwa gaya setang tinggi mirip kera menggelayut ini mampu memberikan sensasi luarbiasa bagi pemakainya. Setang ape hangers memang sebuah pilihan gaya custom. Padahal ada beberapa tipe setang yang biasa digunakan pada unit H-D yang juga tak kalah gaya. Misalnya cruiser handlebar yang konvensional, Z bar dengan bentuk umum yang menukik tajam membentuk huruf Z, beach bar yang lebih halus gaya lengkungnya atau T bar/drag bar yang juga tergolong ekstrem.

Momentum berkumpul kembali para penyuka ape hangers, siap dikemas dalam suatu event yang digagas oleh HDCI Bandung, setelah kegiatan awal telah digelar saat Ramadan tahun silam lewat acara Ngabuburit dan Buka Bersama.

Kumpulan para penggemar ape hanger terlihat istimewa saat beriringan konvoi kota. Konfigurasi bagus yang solid dengan pemandangan menarik tersaji dari rombongan bermotor tersebut.

Tentu kesan yang baik pantas dikedepankan, mengingat bahwa di belahan dunia lain yakni di Amerika Serikat, para penggemar H-D dengan setang tinggi gaya ape hangers seolah identik dengan kumpulan pengendara motor atau geng bernama The Mongol.

Seperti juga beberapa geng bermotor terkenal sekelas Hell Angels, The Outlaw, para anggota The Mongols banyak atau identik dengan penggunaan H-D tipe Ape hanger handlebar.

Mongol atau dikenal dengan Mongol Nation atau Mongol Brotherhood, dibentuk tahun 1969 di Montebello, California dari Hispanic bikers yang ditolak masuk Hells Angels MC karena berakar dari ras tertentu. Kegiatan illegal yang jadi perputaran bisnis mereka juga bukan rahasia lagi. Kini anggota mereka telah menyebar melalui Mongol chapters di wilayah barat United States, bahkan hingga ke Kanada, Mexico dan Italia. (dh/NM)

LEAVE A REPLY

*