Bebek Besi Belarus Melampaui Tiga Jaman

0

Yuri-Shif-Customer-2
“Ducky” the Cafe Tracker Yuri racikan Shif Customer. Foto: Pipeburn

Belarusia (naikmotor) – Yuri Shif Customer (YSC) merupakan salah satu builder kelas dunia yang jenius. Builder dari Belarusia tersebut berhasil memadukan tiga jaman desain dalam satu sepeda motor, yakni Board Tracker, Cafe Racer dan desain moderen Abad ke-21.

YSC termasuk builder yang rutin mengikuti AMD World Championship of Custom Bike Building, dan kreasi terakhirnya, “Ducky” the Cafe Tracker akan membuat kita terkagum akan detail dan ketekunan kerja tahunannya. Dan berbagai penghargaan atas kreasinya itu pun mengalir, seperti 2015 European Biker Build-Off dan  2016 Motor Bike Expo di Verona.

Yuri membangun Ducky karena terinspirasi bebek karet yang berada di meja kerjanya. Proses pun diawali dengan membentuk rangka model Board Track dari baja dengan down tube tunggal dan back bone, serta rake 27 derajat. Cerdasnya, bottom rail tunggal menjadi tautan parallel mesin yang merangkap sebagai subframe belakang, sehingga tak ada plat besar tautan mesin dan sekaligus peredaman getaran di rangka.

Yuri-Shif-Customer-3

Garpu girder jadul Ducky merupakan paduan link leading hasil bubut dan tabung bulatnya menjadi ujung sempurna sebagai stem pengikat stang bergaya jadul. Tapi shockabsorber-nya justru adjustable moderen agar tak mudah dive, dan nyaman dalam berkecepatan. Bagian belakangnya rigid, dengan cross bar atas memegang fender ban belakang.

Tangki dibuat dengan alas presisi sehingga nyaris tanpa gap dengan rangka. Tangki yang polos itu hanya menampilkan lubang pengisian bensin dan oli, sehingga menghilangkan kebutuhan tangki oli. Hebatnya sekaligus menyembunyikan perkabelan dan komponen kelistrikan.

Beralih ke jok yang dilengkapi per dan coilover shock. Pelapis jok berbahan kulit berkualitas tinggi yang sama dengan sabuk pengikat tangki. Komponen yang memperkuat gaya Board Track (Trek balap jaman dulu dengan lintasan yang ditutup kayu bukan aspal). Dan pelek aluminium dengan 4 spoke hasil bubutan itu dipadu ban mahal Avon Speed Master 3.00-21 baik di belakang maupun depannya.

Ducky dilabur warna kuning cat akrilik agar selaras dengan inspirasinya dulu.  Soal mesin Yuri menggunakan produk Harley-Davidson 1978, 997 cc agar berkesan klasik. Hanya saja kini menggunakan karburator  Mikuni 41mm dengan manifold kustom Yuri sendiri. Penggerak rantainya memanfaatkan milik WLA 1941. Koplingnya milik H-D Vintage itu tetapi dengan penggerak dan juga sproket buatan Yuri, termasuk tuas-tuas.

Memodifikasi dan membangun sepeda motor adalah satu hal tetapi Yuri membuatnya fungsional, meski sosoknya terlihat sederhana dan minimalis seperti bebek karet. (Afid/nm)

Yuri-Shif-Customer-1

LEAVE A REPLY

*