Jelang Kejurnas Sport IRS 2016, Ini Target Pembalap Yamaha

0

IRS_2016_Sport
Yamaha Sunday Race menjadi acuan para pembalap Yamaha sebelum tampil di Kejurnas Sport IRS 2016 akhir pekan ini. Foto: Arif

Bogor (naikmotor) – Kejurnas Balap Motor sport bike, Indospeed Race Series (IRS) 2016 akan berputar akhir pekan ini (26-27/3/2016) di Sirkuit Sentul. Para pembalap terus menggenjot persiapan khususnya yang pekan lalu berlaga di Yamaha Sunday Race (YSR).

Kejurnas Balap Motor IRS 2016 garapan Indospeed Motorsport Club dipastikan akan menjadi pertarungan bergengsi para pembalap kelas sport dari Sport 150, Sport 250 dan Supersport 600. Dua pabrikan Honda dan Yamaha telah menyatakan mendukung gelaran ini dengan menyertakan para pembalap terbaiknya termasuk dari kalangan komunitas.

Namun, pembalap Yamaha lebih diuntungkan karena seminggu sebelumnya telah mencoba hasil risetnya di ajang Yamaha Sunday Race 2016 perdana.

Juara Yamaha Sunday Race seri perdana di kelas R25 Pro, Wilman Hammar dari Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera mengakui ajang YSR menjadi bagian dari persiapannya turun di Kejurnas IRS Sport seri perdana.

IRS_2016_Sport_3

“ Dengan regulasi baru, tentu saya ikut menyesuaikan juga teknik membawa motornya dan ini menjadi bahan untuk tampil di Kejurnas. Target saya bisa tembus best time di 1: 44 nanti di Kejurnas IRS Sport 250,” sebut Wilman yang mencetak waktu 1:45,603 detik di sesi kualifikasi.

Sementara pembalap tim B-Pro Federal Oil, Ivan Atmaja yang turun di kelas 150cc dan 250cc profesional YSR, mengaku masih mencari setingan untuk motor Yamaha R25 tunggangannya. Ia baru mulai turun kelas 250cc tahun lalu, karena itu, masih butuh penyesuaian dan setting untuk di IRS. “Saya baru pegang R25 tahun lalu, jadi masih belum dapet setup pas, tapi akan coba tampil sebaik mungkin,” tutur Ivan.

Selain dari kalangan pembalap profesional, IRS tahun ini mendapat suplai pembalap yang disaring dari YSR seri pertama kelas komunitas. 30 pembalap dari kelas komunitas dipilih berdasarkan seleksi catatan waktu terbaik.

Beberapa pembalap yang sudah dipastikan berlaga di IRS mengaku terus melakukan persiapan dengan menambah porsi latihan fisik serta mencari setelan terbaik pada motor.

“Saya fokus latihan fisik, seperti lari untuk menambah endurance di atas motor,” ucap pembalap tim Yamaha Dream Garage Hendy Rudy yang menjadi runner up di kelas 250cc profesional komunitas.

Sementara itu, kampiun kelas 250cc profesional komunitas, Shan Riyadi Soewarso yang membela tim AR-1 Abirawa NHK RBRT, fokus untuk mengembangkan skill membalapnya. Ia mengaku masih terus mencari cara terbaik untuk bisa tampil lebih cepat. Selain itu, Ia tetap menjaga kebugaran fisik dengan pola latihan kardio. “Saya melakukan latihan untuk menggembleng fisik, dengan banyak latihan kardio endurance,” jelasnya.

Soal setup motor, beberapa pembalap mengatakanakan memakai data YSR untuk berlaga di IRS. Namun, beberapa pembalap mengaku belum puas dengan performa motornya saat turun di YSR. (Yudistira/nm)

IRS_2016_Sport_6

LEAVE A REPLY

*