Honda C70 1977 Custom Sepeda Onthel Antik dari Bandung

0

Kontestan-HMC-bandung-2016-25B
Honda C70 1977 bergaya sepeda onthel antik dari bengkel Aji Jaya Motor Bandung saat mengikuti Honda Modif Contest 2016 Bandung. Foto: HMC-Arif

Bandung (naikmotor) – Salah satu kreasi modifikator Honda Bandung kembali mencuat lewat karya apik di ajang Honda Modif Contest 2016 di Cikapundung Riverspot (5-6/3/2016) lalu. Konsepnya membuat gaya onthel berbasis Honda C70 lansiran 1977.

Adalah Eko Febrianto, modifikator dari Adhi Jaya Motor di kawasan Bojong Kacor Awiligar Bandung yang merancang motor lawas ini dengan tampilan baru serta bergaya unik. Tampangnya memang jauh dari gaya motor bebek karena rancangannya benar-benar menyamai sosok sepeda antik

“Inspirasinya sepeda onthel klasik, kebetulan walikota kami juga, Kang Emil suka sepeda. Makanya saya ingin membuat bagaimana motor ini terlihat lebih klasik. Butuh empat bulan untuk mewujudkan proyek ini,” sebut Eko.

Untuk mendapatkan tampilan sepeda onthel, Eko harus merombak sasis utama dengan menyisakan bagian tengah untuk dudukan mesin.”Ini bagian paling sulit karena berkaitan dengan kontruksi yang harus presisi. Karena itu saya serahkan pada bengkel khusus,” sebut Eko.

Honda-C-70-Onthel-bandung_3

Pengerjaan berlanjut pada penambahan bodypart lainnya, seperti perangkat rem yang mengambil dari aksesori sepeda onthel termasuk bagian setang. Suspensi depan gaya sepeda lawas juga dibenamkan karya custom dari AJM. Sementara sasis belakang ditopang suspensi gaya monoshock yang juga diambil dari sepeda namun diatur ulang rancangannya agar kuat menahan beban.

Nah, bagian rodanya, Eko mengambil teromol depan merek Trusty namun dudukan cakramnya dilepas. Sementara teromol belakang milik bawaan standar namun dicustom.” Berfungsi dengan baik kok remnya, makanya bisa ikutan HMC juga, kan ada scrutineering-nya,” beber Eko.

Memperkuat kesan klasik, ornamen kulit ikut tersemat di motor yang menghabiskan dana sekitar Rp 8 juta tersebut. Jok sepeda kulit lengkap dengan tasnya termasuk aksesori helm ‘jadul’ para pesepeda tua.

“Kalau mesin sih standar saja, cuma ganti pengapain CDI dari Astrea Grand,” timpalnya. Meski belum mendapat apresiasi dari HMC, namun motor rancangan Eko pernah dianugerahi penghargaan di ajang kontes yang diselenggarakan oleh Itenas beberapa waktu lalu. (Arif/nm)

Data modifikasi C70 Onthel
Sasis Custom by AJM
Suspensi belakang Monoshock
Suspensi depan Custom by AJM
Gear SSS
Teromol belakang Custom
Teromol depan Trusty
Pelek DID
Rem Custom Onthel
Pengapian CDI Honda Grand
Cat Blinken
Ban Swallow 17
Knalpot Speed Power

LEAVE A REPLY

*