DKW SS 250 1937 : Mampu Melesat 185 km/jam

0

1937-dkw-ss250

Jerman (naikmotor.com) Dampf Kraft Wagen, merek motor asal Jerman ini memulai produksinya tahun 1919 di Zschoppau yang dibangun atas prakarsa Jorgen Skafte Rasmussen.

Tahun 1930-an mereka mencatatkan diri sebagai pembuat sepeda motor terbesar di dunia. Selanjutnya mereka memulai karier di dunia balap dengan teknologi mesin 2-taknya. Salah satu tipe yang menuai sukses yakni DKW SS250.

Motor ini dirancang untuk kompetisi, dapurpacunya telah mencangkok supercharged split-single dengan menggunakan tiga piston tapi hanya mempunyai satu ruang bakar. Sistem pencampuran bahan bakar dan udaranya telah dilengkapi dua karburator dengan sistem automatic reed valve.

Kemudian daya redam gejala over-heatingnya  diakomodasi dengan radiator. Supercharged ini digerakan oleh satu piston vertical di silinder bawah untuk memasok tekanan lebih ke ruang bakar.

Selain itu dukungan bodi yang hanya berbobot 95 kg juga menambah daya lajunya makin melesat. Tidak heran top speed yang dihasilkannya mampu meraih angka 185 km/jam. Dengan knalpot megaphone, suara yang dihasilkannya dapat terdengar hingga 13 km saat bertarung di sirkuit. Melalui pembalap Edwald Kluge, motor ini mampu menuai jawara di kejuaraan Eropa tahun 1938 dan 1939. (tdr/nm)

LEAVE A REPLY

*