Takut Motor Dibegal, T-Bike Bisa Melawan

0
T-Bike-1
Telkomsel memperkenalkan aplikasi T-Bike dengan basis GPS yang bisa memantau sepeda motor. Foto: Istimewa

Jakarta (naikmotor) – Provider selular Telkomsel meluncurkan T-Bike, Kamis (3/3/2016). T-Bike adalah aplikasi yang mampu memonitor, memandu dan mengendalikan sepeda motor dari ponsel cerdas.

Tentu setelah sepeda motor dipasangi device berbasis Global Positioning System (GPS) T-Bike. Dengan kata lain T-Bike adalah layanan GPS tracker untuk sepeda motor yang bisa memantau pergerakan motor secara real time.

Saat ini produk telah digunakan untuk pebisnis yang mengandalkan armada layan pesan (delivery). Seperti KFC, Berrybenka, Wingstop, Carl’s Jr, Bakmi GM, Domino Pizza, Hoka-Hoka Bento, Mc Donald’d, serta reseller sepeda motor dan aksesoris seperti RTX dan Bintang Motor.

Beberapa fitur T-Bike di antaranya memandu dan memonitor lokasi, kecepatan dan area berkendara, bahkan bisa mengendalikan akses mesin sepeda motor (mematikan dari jarak jauh) dari ponsel beraplikasi T-Bike. Untuk fungsi bisnis T-Bike akan mendukung pengelolaan armada secara real time, baik pelaporan detail perjalanan, pembatasan kecepatan dan area operasional yang berimbas efisiensi, dan penghematan konsumsi bahan bakar.

Pada prakteknya, T-Bike bisa mendukung keamanan berkendara, seperti yang dikatakan Jaka Susanta, vice president M2M bussiness Telkomsel, “Katakan saja, motor dibegal, serahkan saja. Toh, pemilik kemudian bisa mematikan mesinnya melalui ponsel dari jarak jauh. Dan lapor ke aparat.”

T-Bike-2

Perangkat T-Bike yang dipasarkan di kisaran Rp 750 ribu per unit, mudah diinstalasi, terutama pada sepeda motor dengan induksi bahan bakar injeksi. Sebab receiver GPS dan transmitter data digital GSM tersebut dilengkapi soket plug and play membypass kabel injektor ke ECU (pada motor Honda) atau kabel ignition pada produk Yamaha.

Sementara pengguna akan diwajibkan berlangganan paket data internet Telkomsel yang mulai dengan Rp 10 ribu per bulan, untuk koneksi dengan perangkat T-Bike di motor, agar bisa memantau pergerakan motor melalui aplikasi ponsel berupa map itu. Aplikasi T-Bike bisa diunduh untuk Android dan versi Beta pada iOS di aplikasi store.

T-Bike baru ditawarkan untuk Jabodetabek baik untuk business fleet atau perorangan.  (Afid/nm)

LEAVE A REPLY