Honda RC166, 250cc 6 Silinder

0

HondaRC166ok
Honda RC166 berkubikasi 250cc dengan meisn 6 silinder. Foto: Motorcyclist

Tokyo (naikmotor) – Honda memang berpengalaman membuat sepeda motor dengan mesin 6 silinder. CBX1000 menjadi Honda pertama bermesin 6 silinder, tetapi coba perhatikan motor balap Honda RC166 250cc. Motor pernah memenangkan Grand-Prix pada 1966 dan 1967 dengan pembalap Mike Hailwood, motor pun menjadi impresif.

Tak seperti kelihatannya sebagai sepeda motor dengan kapasitas kecil, RC166 merupakan hasil rancangan luar biasa. Dengan wujud mesin yang biasa pada masanya, sebenarnya sangat liar, putaran puncaknya mendekati 20.000 rpm. Fakta yang saat ini sulit dicari tandingannya.

Sepeda motor pun dilengkapi transmisi 7 percepatan, dan mudah saja mencapai kecepatan 240 km/jam, padahal kecepatan puncaknya di atas itu. Sementara tenaga puncaknya 65 daya kuda, yang biasanya dicapai oleh mesin berkapasitas 3 kalinya.

Padahal ketika dirancang pada awal 1960-an, tanpa CAD dan computer modelling. Semua dikerjakan dengan alat, teknologi dan proses yang termasuk primitif di masa kini. Tetapi hasilnya, sulit ditandingi oleh produk dan teknologi masa kini yang sudah mengandalkan robot, laser atau mesin yang dikontrol komputer.

Memang sulit membandingkannya dengan motor balap saat ini, mesin seperempat liter ini tampaknya akan lucu jika harus bersaing dengan mesin Moto3 moderen yang dikendarai Valentino Rossi, Jorge Lorenzo atau Marc Marquez. Sayangnya, RC166 punya kelemahan dalam sistem rem layaknya sepeda motor kuno. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*