Test Ride Suzuki Satria F150 FI

0

SuzukiSatriaF150TestRide
Suzuki Satria F150 FI libas Sirkuit Sentul. Foto: Dok. NMC

Bogor (naikmotor) – Suzuki Satria F150 FI meluncur dengan dibekali teknologi dan fitur anyar. Naikmotor.com berkesempatan menjajal performa motor andalan Suzuki itu di Sirkuit Sentul, Bogor.

Ketika melihat tampilan Satria F150 FI,  terbesit di pikiran, hyperunderbone ini memiliki karakter yang cepat dan ringan dengan mesin 150cc dan bentuk ‘cingkrang’. Desain ayam jago nan sporty masih dipertahankan pada Satria generasi terbaru.

Posisi jok yang dibuat lebih rendah dan lebih tipis, membuat kaki dapat berpijak ke tanah dengan sempurna. Untuk mengendarai Satria F150 FI Badan memang agak sedikit menunduk mengingat motor dibuat dengan gaya racing.

Pertama kali menyalakan mesin, terdengar suara motor yang cukup garang, apalagi ketika gas dibetot. Kopling yang empuk meringankan kerja tangan kiri ketika akan berakselerasi, khususnya ketika berkendara di jalanan macet.

Hentakan yang responsif menunjukan Satria FI memiliki kompresi yang bagus. Mesin injeksi DOHC 150cc mampu meledakkan tenaga hingga 18,23 hp pada 10.000 rpm  dan torsi maksimum 13,8 Nm pada 8.500 rpm bertransmisi 6 percepatan. Dengan ukuran bore x stroke 62.0mm x 48.8mm, dan suplai bahan bakar dengan teknologi two spray injector, membuat pengendara tidak perlu membuka gas terlalu besar, motor sudah melaju dengan apik. Putaran bawah terkesan agresif karena akselerasi yang baik. Kecepatan 0-100 dapat dicapai dalam waktu kurang dari 10 detik.

Memasuki putaran atas, mesin masih belum menyerah, angka di speedometer terus bertambah sampai menunjukan top speed sekitar 130km/jam, saat itu putaran mesin masih belum terasa menjerit.

SuzukiSatriaF150TestRideok

Melaju di Sirkuit Sentul, tentu harus menghadapi beberapa tikungan tajam yang menguji kemampuan rider dan tentu handling motor. Meski dengan body yang ramping, bukan berarti Satria FI gampang oleng ketika melibas lintasan berkelok. Di beberapa tikungan sirkuit sentul, naikmotor.com mencoba merebahkan motor ketika berbelok, hasilnya cukup memuaskan. Tidak ada goyangan mendebarkan selama motor dalam posisi miring cukup tajam.

Soal pengereman, Satria FI cukup menjamin keselamatan pengendara, buktinya dalam keadaan lintasan basah dan berlari dengan kecepatan tinggi, rem depan dan belakang mampu menahan laju motor dengan baik. Ketika rem ditekan, piston cakram tidak menendang dengan liar, pengereman dapat dilakukan dengan halus, tidak menghentak dan membuat motor masih stabil.

Bicara mengenai fitur baru, speedometer ala F1 yang terpampang di antara stang kemudi, memberikan berbagai informasi penting untuk pengendara. Kecepatan, level bahan bakar, dan putaran mesin tertera dalam speedometer. Selain itu, pengendara dapat mengatur limit putaran mesin dari Satria FI ini, ketika telah mencapai batas maksimal, odometer akan memberikan informasi yang menghimbau pengendara untuk menyesuaikan kecepatan. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

*