10 Perubahan Total All New Honda CBR150R

0
All_New_Honda_CBR_150R_2016_24
All New Honda CBR150R dengan perubahan total membuatnya menjadi lebih sporti dan agresif. Foto: Yusuf Arif

Bogor (naikmotor) — All New Honda CBR150R menjadi jagoan baru bagi PT Astra Honda Motor (AHM) pada segmen sportbike. Perubahan yang dilakukan oleh AHM saangat signifikan mulai dari penampilan, perfoma dan riding.

Versi standar tersedia dalam dua pilihan warna, yakni putih dan hitam dengan harga Rp 32,5 juta (OTR-Jakarta) . Disediakan pula versi livery Honda Racing Red yang dibanderol Rp 33,1 juta dan livery MotoGP dijual dengan harga Rp 33,3 juta (keduanya OTR-Jakarta).

Kenji Kawai Large Project Honda R&D Co.LTD Motorcycle Honda mengungkapkan telah melakukan perubahan total pada Honda CBR150R 2016. Honda menyebutnya sebagai Total Control mulai dari desain, rangka dan performa.

Perubahan total yang pertama adalah pada penampilan. Wajah baru pesaing Yamaha R15 ini tampak lebih agresif,  aerodinamis serta bergaya racing. Konsep lampu kembar dipertahankan namun dengan desain baru yang lebih tipis dari sebelumnya. Fairing juga disempurnakan dengan lekuk-leku baru.Dan buritan diracik sedikit lebih lancip dari pendahulunya. Secara keseluruhan tubuhnya terlihat lebih ramping.

Perubahan total kedua adalah penggunaan lampu LED pada depan dan belakang. Desain lampu depan dengan LED menarik dipandang. Dan tentunya membuat penampilan CBR150R ini menjadi lebih modern.

Perubahan total ketiga adalah penggunaan metercluster full digital menggantikan model konvensional pada varian lama. Dengan aplikasikan digital membuat kenyamanan berkendara menjadi lebh baik. Desainnya juga dibuat kompak namun mudah dilihat.

Perubahan keempat adalah pada penggunaan frame baru. Berkat revisi ini pengendalian Dan karakter berkendara menjadi lebih baik. Posisi duduk juga diatur ulang pada frame bagian penyangga jok. Rangka baru ini juga memberikan stabilitas yang lebih baik.

Perubahan total kelima adalah pada riding position. Posisi stang kemudi lebih rendah 24mm dan menekuk kedalam membuat posisi berkendara menjadi lebih bergaya racing dan dinamis.

Perubahan total keenam adalah penggunaan mesin generasi terbaru DOHC 150cc dengan 6 percepatan yang membuat torsi lebih besar. Jantung mekanis ini mampu menghasilakn tenaga 17,1 hp pada 9000 rpm dan torsi 13,7 NM pada 7000 rpm.

Perubahan total keenam adalah Lengan ayun atau swing arm lebih panjang 13 mm dari sebelumnya 513 mm. Demikian pula dengan wheelbase juga diperpanjang menjadi 1311mm.

Perubahan total ketujuh adalah desain baru pada velg yang lebih sporti. Perubahan total kedelapan adalah penggunaan ban dengan tapak lebih lebar dengan ban  depan menggunakan ukuran 100/80-17 inci. Sedangkan ban belakang 130/70-17 inci.

Perubahan total kesembilan adalah bobot keseluruhan menjadi lebih ringan 5 kilogram sehingga berdampak pada optimalisasi performa. Perubahan total kesepuluh, karena ini model berubah dramatis kenaikan harga tidak terhindarkan. (Wl/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here