Balap Kelas Supersport Bakal Segera Terlupakan

0
16

IRS-2015-Seri-1-Supersport
Balap Supersport 600 terancam bakal sepi karena pihak pabrikan seperti Yamaha memilih fokus di kelas 250cc. Foto: Dok.NMC

Jakarta (naikmotor) – Di ajang balap dunia khusus untuk balap motor, ada tiga kelas balap yang benar-benar menjadi acuan. Yaitu kelas beginner dengan kapasitas mesin 250 cc, kemudian kelas intermediate dengan 600 cc dan expert di kelas 1000 cc. Tiga kelas tersebut bahkan menjadi kelas penjenjangan balap para pembalap profesional.

Namun di Indonesia, kelas balap beginner dengan spesifikasi mesin 250 cc, diprediksi bakal mematikan kelas balap intermediate. Ada beberapa alasan besar yang membuatnya bakal lebih diterima. Di antaranya karena biaya riset lebih murah, kemudian produk massalnya pun banyak diterima masyarakat dan juga produknya tersebar luas hampir di semua negara di dunia.

Komitmen di ajang balap beginner ini, memang dilakoni oleh beberapa APM motor. Mereka adalah Yamaha, Kawasaki dan Honda. Yamaha bahkan membuat ajang balap khusus bertema Yamaha Sunday Race. Mohamad Abidin selaku General Manager After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufaturing, menegaskan bahwa tahun mereka akan mulai fokus di ajang balap beginner ini.

“Tidak dapat kami ingkari, bahwa APM juga tetap membumi untuk menelurkan program-program motorsportnya. Termasuk memberikan dukungan khusus pada kelas yang memang bisa mensupport penjualan produknya. Menurut hemat saya, kelas beginner seperti ini kebetulan cukup kuat mendukung penjualan produk kami. Jadi ya kelas balap ini akan kami perkuat,” beber Abidin.

Abidin juga menegaskan bahwa pihaknya sudha punya rencana khusus untuk kelas balap 250 cc ini. Apalagi jika balap nasional tak sesuai dengan regulasi yang mereka inginkan. Bukan tak mungkin mereka akan membuat balap Sunday Race khusus untuk tingkat regional Asia. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

*