Motor “Jadul” TVS Ini Terus Diperbarui

0
TVSXL100-4
TVS XL 100 terus diperbarui dengan desain jadul. Foto: TVS

Tamil Nadu (naikmotor) – Jauh sebelum masa popularnya underbone atau bebek bahkan scooter atau skutik, ada model sepeda motor  jaman dahulu (jadul) dengan satu percepatan dan bermesin kapasitas kecil, bahkan dilengkapi pedal untuk mengayuh dan penyalaan mesin.

Mesinnya diletakkan underbone juga dengan tangki kecil di atas bagian depan rangka tunggal seperti wishbone itu. Publik mengenalnya sebagai moped. Fungsinya untuk komuter jarak pendek dalam kota atau delivery dengan merek seperti DKW, Sachs. Tetapi moped sudah punah pada 1980-an, dengan produk terakhir Bhama Peugeot.

Tetapi di India, pabrikan TVS Motor Company malah baru saja meluncurkan moped TVS XL 100 di Tamil Nadu akhir Januari 2016, bahkan diluncurkan perdana di Uttar Pradesh Oktober 2015. XL 100 bermesin 99,7 cc berpendinginan udara paksa atau dengan fan seperti pada scooter matic. Mesin sllinder tunggal 4 langkah itu menghasilkan 4,2 daya kuda @6.000 rpm, dan torsi 6,3 Nm @ 3.500 rpm. Konsumsi bahan bakarnya sangat ekonomis dengan 1 liter model mampu menempuh 67 km, menurut hasil uji di lab.

Kecepatan puncaknya hanya 60km/jam mengingat fungsinya tadi. Transmisinya percepatan tunggal dengan kopling sentrifugal basah. Torsinya disalurkan dengan rantai ke sproket roda belakang seperti pada underbone.

Untuk peredaman XL 100 dilengkapi garpu teleskopik di bagian depan, swingarm dengan shockabsorber hidrolik di bagian belakang. Rem masih mengandalkan tromol, dengan ukuran 80 mm di depan dan 110 mm di belakang. Bannya ukuran, 2,5 X 16 inci. Dan jarak sumbu roda  1.215 mm. Di bagian wishbone diletakkan tangki 4 liter, 1,3 liter sebagai cadangan.

Perlengkapan berlalu lintas kita pun lengkap dengan lampu utama halogen, sein dan lampu belakang. Bobot moped XL100 sekitar 75kg dan mampu membawa beban hingga 130kg. Serta tersediadalam pilihan warna, Hitam, Abu-abu, Hijau, Biru dan Merah. Harganya Rp6 jutaan dan masih hanya untuk pasar India. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here