Honda CB900 dengan Transmisi 10 Percepatan

0
62

HondaCB900-1
Honda CB900 Custom dengan transmisi 9 percepatan. Foto: Bikeexif

Montreal (naikmotor) – Honda CB900 Custom yang satu ini memang berbeda dengan yang lainnya, sebab dikustom dengan penggerak kopel, jarak sumbu roda panjang 154 mm, dan transmisi 10 percepatan. Padahal model aslinya adalah cruiser biasa, jadi berbeda.

ketika diubah oleh Clockwork Motorcycles dari Montreal, Kanada. Ubahan itu diawali ketika seorang penggemar sepeda motor, mendapatkan kuda besi buatan 1981 itu. Setelah beberapa bulan ia membawanya ke bengkel di Montreal.

Builder Samuel Guertin dari Clockwork Motorcycles menyatakan kepada Bikeexif, “Pemiliknya meminta sesuatu yang hebat, yang mampu saya lakukan. Memang hasilnya pun berbeda sasis belakang memanjang, dan yang paling aneh girboks 10 percepatan”.

Kuncinya dengan memadukan mesin CB900F spesifikasi Eropa dan unit penggerak akhir GL1100. Keduanya dihubungkan dengan sepasang crosshaft, sehingga mengubahnya menjadi transmisi sekunder dua percepatan. Berikutnya, Samuel mengubah suspensi depan, dengan menurunkan sekitar 100mm memperbaiki shockabsorber udara bawaan.

HondaCB900-2Tangkinya diganti milik Suzuki GS. Kelistrikan kini dengan produk Motogadget M-unit dibantu aki Lithium-ion. Termasuk speedometer, grip, tuas dan sein di ujung stang. Sementara subframe diperpanjang, dan dibuatkan dudukan jok baru. Pelapis jok dan kulit diserahkan pada perajin Ginger McCabe dari New Church Moto.

Kembali ke mesin, ternyata telah dibore up hingga 985cc dengan kit Wiseco. Karburatornya dengan Keihin CR31, sementara intake dibuat dari bahan aluminium buatan Prism Motorcycles, dan di-tune agar presisi. Dan knalpot 4 into 1-nya berbahan stainless.

Pelek masih asli hanya dibalur warna hitam, demikian dengan perangkat rem tetapi dengan selang stainless dan cakram dilubangi. Pelek dibalut ban Pirelli MT66 yang tampak serasi.

Dengan sosok serba hitam, kecuali tangki dan fender belakang yang dibiarkan polos, serta karburator dan knalpot, tampilannya jadi unik. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*