Yamaha Fino 125 Bisa Minum Etanol

0
YamahaFino125FuelFlex
Yamaha Fino 125 dibekali teknologi flex-fuel sehingga bisa diisi ethanol 85%. Foto: Yamaha Thailand

Jakarta (naikmotor) – Yamaha Fino 125 telah diluncurkan di Indonesia beberapa waktu lalu. Walaupun sebenarnya di Thailand sudah beredar pada triwulan ketiga  2015. Selain beredar lebih dahulu, Fino Thailand dikabarkan lebih terkini fiturnya.

Peranti tersebut adalah dibenamkaannya sistem manajemen mesin bisa menggunakan bahan bakar campuran bensin dan etanol atau gasohol, dan Fino pun disebut flex fuel vehicle.

Walaupun di Thailand, Yamaha bukan pabrikan pertama yang menawarkan sepeda motor flex fuel, tetapi Yamaha Fino 125 Blue Core flex fuel mampu mendeteksi dan menyesuaikan kinerja mesin dengan bensin tanpa etanol hingga dengan campuran 85% etanol.

Yamaha Fino flex fuel itu bermesin 125cc, berpendinginan udara, 2 katup SOHC,  dengan rasio kompresi 9,5:1. Mesin dilengkapi sistem injeksi bahan bakar Yamaha YMJet-FI dan ECU yang telah dilengkapi perangkat untuk mengukur kadar etanol.

Tentunya Fino flex fuel bisa dipasarkan di Negeri Gajah Putih, sebab bensin campur etanol telah lama ditawarkan di sana. E20 misalnya dijual dengan harga sekitar Rp 8 ribuan/liter, sedangkan E85 dijual Rp 6.900/liter.

Hanya saja untuk versi Indonesia tidak disematkan teknologi flex-fuel pada mesin Blue Core. (Afid/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here