Tips Mengganti Lampu Utama Honda BeAT

0

HondaBeATPOP2016-3ok
Sosok Honda BeAT FI. Foto: Afid

Jakarta (naikmotor) – Dengan adanya ketentuan lampu utama sepeda motor wajib menyala saat berkendara, problem berikutnya muncul, lampu utama lebih mudah putus atau usai pakai lebih pendek.

Apalagi pada sepeda motor yang menganut AHO atau automatic headlamp on, sebab begitu mesin menyala maka lampu utama pun turut menyala. Seperti pada generasi Honda BeAT FI dan seterusnya.

Masalah berikutnya adalah ketika akan mengganti lampu putus cukup merepotkan karena harus melepas dudukan plat nomor dan cover depan terlebih dahulu. Memang ada cara yang paling mudah, tinggal bawa ke bengkel, beli lampu pengganti yang bertipe P15D25-1 32/32W 12Volt tersebut, lalu serahkan kepada teknisinya untuk membongkar pasang.

Jika ada waktu luang, ada cara yang lebih praktis, jika tangan kecil, untuk menjangkau dudukan lampu tinggal rogoh saja dari bagian bawah cover dan batok lampu. Jika tangan tidak muat di lubang cover depan itu, lepas dulu fender atau spakbor dengan melepas tiga baut pengikat ke segitiga clamp shockabsorber-nya. Untuk itu butuh satu alat saja, kunci shock ukuran 10 mm.

Jika dudukan soket lampu sudah bisa dijangkau, lepas dulu karet pelindung, lalu putar soket 30 derajat berlawanan arah jarum. Dan lampu bernoktah satu dengan dua filamen itupun bisa dilepas untuk diganti.

Jangan lupa kaca lampu pengganti harus benar-benar bersih dari kotoran dan keringat. Untuk itu pegang lampu hanya pada bagian logamnya saja. Pastikan noktah atau tonjolan lempeng lampu berada di atas agar mudah saat dipasang. Periksa juga kondisi soket apakah kedua timah konektor masih baik, tidak meleleh atau lepas.

Pasangkan kembali soket dan karet pelindung serta fender. Motor pun siap dijalankan kembali. (Afid/NM)

LEAVE A REPLY

*