Test Ride: TVS Apache RTR 200 4V

0

TVSApacheRTR2004VSentul
Menguji TVS Apache RTR 200 4V di Sirkuit Sentul. Foto Yudistira

Bogor (naikmotor) –  TVS Apache 200 RTR 4V, menjadi kompetitor baru dalam segmen sepeda motor sport.  Naikmotor.com berkesempatan menjajal performa dari motor yang tergolong dalam sport commuter bike tersebut di Sirkuit Sentul.

Mesin 200c yang tertanam pada Apache 200 RTR 4V telah mengaplikasikan teknologi injeksi yang disuplai oleh Bosch. Jantung mekanis ini diklaim dapat mencapai kecepatan 60 km/jam dalam waktu 3,9 detik. Sat naikmotor.com melakukan test ride, akselerasi cepat terasa saat pertama kali memacu motor. Saat membuka gas, motor terasa menghentak dan langsung melesat.

Hanya dalam beberapa detik, kecepatan 100 km/jam berhasil  dicapai. Di lintasan Sirkuit Sentul memiliki panjang 4,2 km terasa cukup leluasa memacu motor sampai batas maksimal. Saat keluar dari tikungan, akselerasi motor pun tetap responsif. Dari hasil pengujian, top speed yang berhasil dicapai berkisar pada angka 130 Km/Jam.

Saat memacu motor di tikungan, performa dari ban Pirelli terasa cukup mumpuni. Motor tetap stabil saat diajak melakukan manuver di tikungan tajam. Selain itu, daya cengkram double disc brake pada Apache RTR 200 4V juga cukup baik. Motor dapat melakukan pengereman dengan cepat namun tidak mengunci putaran roda.

Dari segi kenyamanan, posisi stang kemudi dirasa pas untuk berkendara jarak dekat maupun jauh. Posisi tangan dan stang tidak begitu jauh sehingga tidak membuat tubuh terlalu membungkukkan badan. Dengan spedometer full digital membuat mata mudah untuk melihat kecepatan yang tertera.

Desain jok pun memberikan kenyamanan saat bekendara, dengan busa yang pas ketebalannya, dan kulit jok berbahan PVC yang tidak licin saat bermanuver. Walaupun Apache RTR 200 4V tampil dengan desain racing berbody besar dan lebar, motor ini masih pas untuk anda yang memiliki postur kecil, karena motor ini terbilang cukup ringan untuk ukuran motor sport, sehingga mudah untuk dikendalikan dan menjaga keseimbangan  saat berkendara.

Kesimpulannya, TVS Apache RTR 200 memiliki performa cukup baik untuk bersanding di kelas commuter bike. Sederet teknologi yang ditawarkan menjadi keunggulan dari Motor dari pabrikan asal india. Dengan harga 23,9 Juta (OTR Jakarta), Apache 200 RTR akan bersaing dengan Yamaha Vixion dan Honda CB150R StreetFire maupun pesaing lainnya yang juga berasal dari Indiaa Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS. (Yudistira/NM)

LEAVE A REPLY

*