Deretan Inovasi Baru Tersemat pada TVS Apache RTR 200 4V

0
TVSApacheRTR4V-9
Sosok gagah TVS Apaache RTR 200 4V semakin lengkap dengan beragam teknologi terkini. Foto: Yudistira

Bogor (naikmotor) – TVS Apache RTR 200 4V menjadi pilihan baru motor sport bagi konsumen di Indonesia dari PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI). Sejumlah teknologi mutakhir diaplikasikan pada Apache generasi kedua tersebut.

Melonjaknya minat masyarakat terhadap motor sport membuat para produsen motor berlomba-lomba menghadirkan motor sport yang gagah dan responsif. Produsen sepeda motor asal India, TVS turut meramaikan pasar motor sport dengan menghadirkan New TVS Apache RTR 200.

TVS membekali motor teranyar mereka dengan mesin berkapasitas 200cc. Mengadopsi sistem Digital Fuel Injection dari Bosch, motor ini mampu menghasilkan power sebesar  21 hp di putaran 9000 rpm dan torsi 17,5 NM di putaran 7000 rpm. Motor yang mengawali debutnya di Sirkuit Sentul, Bogor tersebut diklaim dapat mencapai kecepatan 60 Km/Jam hanya dalam waktu 3,9 detik. Teknologi Digital Fuel Injection (DFI) mengalirkan bahan bakar secara efektif ke ruang pembakaran, sehingga menghasilkan emisi gas buang yang rendah.

Pada motor barunya ini, TVS juga memperkenalkan teknologi baru mereka, yakni Oil Cooled Combustion Chamber (O3C). Teknologi tersebut berfungsi mendinginkan suhu mesin untuk mempertahankan performa maksimal dalam segala kondisi cuaca. O3C bekerja dengan mengalirkan oli terus menerus di area mesin, dengan begitu seluruh bagian mendapat pelumasan dengan baik dan suhu mesin tetap rendah.

Untuk menambah kegarangan dari Apache RTR 200, knalpot dengan pipa dan lubang ganda diaplikasikan di area gas buang. Knalpot tersebut menghasilkan suara bulat layaknya motor-motor besar.

Dari segi visual, TVS mendesain motor yang dijual dengah harga OTR Jakarta Rp 23,9 Juta tersebut dengan tampilan racing yang diadaptasi dari TVS Draken X21. Sasis Double Cradle Split Synchro Stiff menjadi tulang penopang Apache RTR 200 ini. Lampu depan diaplikasikan lampu LED DRL (Daylight Running Lamps) dengan lekukan yang khas dan diklaim dapat memberikan penerangan mumpuni. Speedometer digital dipasang untuk memberikan informasi seputar kecepatan, level bahan bakar,  gear position, dan yang istimewa terdapat informasi mengenai top speed saat berkendara.

Suspensi dari  KYB menjadi penopang Apache RTR 200 di sisi depan, sementara itu pada buritan belakang diaplikasikan monoshock dari TVS. Untuk menjaga kestabilan saat melakukan manuver,  disematkan Ban Pirell Sport Demon ukuran 90/90 untuk depan dan 130/70 untuk belakang.

Selain itu, pada speedometer terdapat indikator yang bisa mengetahui keadaan mesin Apache RTR 200 dengan mendownload data dari on board diagnostic. Setelah itu, perawatan dapat dilakukan dan bila ada sesuatu pada kondisi mesin, mekanik dapat mengetahui dengan cepat.

TVS menawarkan 3 varian warna dari Apache RTR 200 RTR ini, diantaranya Syrah Red, Mystic White, dan Gun Metal Black. Semua warna tersebut merupakan warna mati atau dof. (Yudistira/NM)

LEAVE A REPLY