Zero Berhasil Melobi Kongres Soal Keringanan Pajak Motor Lisrik

0

Zero-Motorcycles-EICMA-2015_1
CEO Zero Motorcycles Richard Walker dan Muhammad Al Abdullah CEO Garansindo Group di EICMA 2015 beberapa waktu lalu. Zero berhasil melobi kongres di Amerika soal keringanan pajak motor listrik. Foto: Arif

California (naikmotor) – Masa berlaku Kredit Pajak Federal sebesar USD2.500 atau Rp35 juta untuk setiap pembelian sepeda motor atau trike bertenaga listrik di Amerika Serikat berhasil diperpanjang.

Padahal seharusnya, keringanan pajak yang dimulai pada 2013 itu akan berakhir 2015 ini. Kejutan dimulai pada Jumat minggu kemarin (18/12/2015), ketika kongres setuju untuk memperpanjang masa berlakunya keringanan pajak, tepat sebelum masa reses Natal.

Bahkan, pembahasan tersebut kemudian menjadi undang-undang ketika ditandatangani Presiden Barack Obama pada Jumat malam itu juga. Itu artinya siapa pun yang membeli sepeda motor atau trike listrik dengan kecepatan di atas 56km/jam serta kapasitas baterai di atas 4kWh kini dapat potongan pajak sebesar 10% atau maksimum Rp35 juta.

Zero S menjadi salah satu sepeda motor listrik yang bakal mendapat potongan pajak sebesar Rp 35 juta tersebut. Padahal selama berminggu-minggu menjelang kebijakan akhir tersebut, banyak orang antri untuk berharap mendapatkan unit motor listriknya menjelang akhir 2015. Tujuannya, agar masih mendapatkan keringanan pajak sebelum berakhir.

Pabrikan Zero Motorcycles, yang tergabung dengan Plug In America dan koalisi pabrikan sepeda motor listrik lainnya, tampak telah berhasil melobi kongres untuk menerima dan memperpanjang masa berlakunya kredit pajak tersebut.

Maka para konsumen kendaraan listrik pun terhindar dari mahalnya harga produk bertenaga listrik jika dibandingkan dengan kendaraan bertenaga bensin yang beremisi tersebut. Tentunya produk lain seperti Energica Ego pun memiliki kesempatan yang sama.

“Kredit pajak untuk sepeda motor listrik bukan hanya efektif mempertahankan lapangan kerja, tetapi juga investasi teknologi energi yang bersih. Kami rasa Amerika seharusnya memimpin dalam teknologi sepeda motor listrik,” ujar Richard Walker, CEO of Zero Motorcycles.

“Industri sepeda motor listrik telah dengan cepat direspon seluruh negeri demi transportasi yang ramah lingkungan. Kami dengan senang hati memadukan passion atas sepeda motor dengan sesuatu yang menguntungkan semua orang.”

Kini model-model Zero yang legal street seperti Zero R, Zero SR, Zero DS, Zero DSR, Zero FX dan Zero FXS 2016 menjadi produk yang menerima manfaat kredit pajak.

Selain keringanan pajak para pemilik sepeda motor plug-in pun yang sangat sibuk akan merasa kalau motor listrik adalah komuter tanpa emisi yang praktis. Kebutuhan untuk charging yang biasanya merepotkan bisa diatasi dengan baterai removeable, seperti pada model FX dan FXS. Yaitu baterai dicharge dalam ruangan sementara motor parkir di luar. Atau bisa dengan cara seperti refill. Baterai kosong dicharge sementara motor bisa digunakan komuter dengan baterai yang dicharge penuh sebelumnya.

Lainnya, motor listrik dengan transmisi percepatan tunggal tinggal twist and go, menjadi ideal bagi pemula. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*