Total Didaulat jadi Pemasok Tunggal BBM di Moto2 dan Moto3

0

Total-exclusive-fuel-Moto2-Moto3
Total menjadi pemasok tunggal BBM untuk kompetisi Moto2 dan Moto3 mulai tahun 2016. Foto: Dorna MotoGP

Spanyol (naikmotor)-Tidak adanya keseragaman penggunaan bahan bakar di motor para pembalap MotoGP, membuat pihak Dorna Sports mulai mencari cara untuk memberlakukan one make fuel (OMF) di balap prototipe tersebut. Hingga hal tersebut pun tercapai, dimana Total didaulat sebagai pemasok tunggal bahan bakar minyak (BBM) untuk kelas Moto2 dan Moto3 mulai tahun depan.

Kepercayaan yang diberikan oleh Dorna ini, tentunya sangat besar. Lantaran para pembalap sebelumnya menggunakan bahan bakar yang benar-benar jadi sponsorship mereka. Meski diberlakukan pada dua kelas berbeda yang berada di bawah level kelas MotoGP, namun pasokan teknis bbm juga sangat diperhatikan.

Kelas Moto2 misalnya, kapasitas 600 cc dan konfigurasi mesin segaris 4 silinder, menjadi bagian yang paling teknikal dan krusial untuk dipahami. Peran penting bbm pun bisa membuat performa semakin baik dan mesin lebih awet. Pun demikian dengan di kelas Moto3 yang notabene hanya pakai mono silinder. Butuh perlakuan khusus, karena RPM tinggi dengan hanya mengandalkan 1 silinder saja, pun tak mudah bagi pemasok bbm.

“Kerja sama dengan Dorna jadi penunjuk konsistensi kami untuk mendukung pengembangan teknnologi motor balap melalui pasokan bahan bakar yang tepat. Jujur saja, kami sudah memasok bahan bakar buat tim-tim papan atas yang memang butuh bahan bakar terbaik. Dan itu terbukti membawa hasil terbaik pula,” ujar Pierre-Gautier Caloni, Vice President of Total Sponsoring & Motorsport Division.

Pau Serracanta selaku Managing Director Commercial Area di Dorna, menyatakan bahwa peran kualitas bahan bakar sangat berpengaruh di kompeetisi balap dunia modern seperti sekarang. Mereka memilih Total sebagai langkah untuk memasuki era yang lebih baik dan lebih terukur. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

*