MotoGP 2017: Hoffman dan Kallio Jajal KTM RC16 di Valencia

0
Kallio-Test-Valencia-KTM
Mika Kallio menjalani sesi tes privat motor prototipe KTM RC16 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol pada Minggu (29/11/2015) lalu. Foto: Buffer Overflow

Valencia (naikmotor) – Hanya jeda sebulan setelah debut KTM RC16 di Sirkuit Red Bull Ring, Austria berlangsung, KTM kembali melakukan sesi tes privat motor prototipenya di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol pada Minggu (29/11/2015) lalu. Kali ini mereka memboyong Mika Kallio yang menemani Alex Hoffman selaku test rider KTM untuk proyek MotoGP 2017 mendatang.

Sesi pengetesan kedua ini merupakan debut bagi Kallio. Meski musim ini Ia bertarung di kelas Moto2, namun untuk feeling berkendara di motor balap, rasanya Ia masih tepat jadi pilihan KTM. Apalagi pada tahun 2009 dan 2010 lalu, Ia pernah bergabung dengan Ducati dan sempat jadi pengganti Casey Stoner.

Meski karirnya tak bersinar, namun Ia selalu memberikan performa terbaiknya dalam tiap sesi. Bahkan ketika KTM mempercayakan posisi test rider kepadanya.

“Awalnya banyak pertanyaan tentang bagaimana saya nantinya saat melakukan pengetesan menggunakan motor ini. Tapi sekarang rasanya saya sangat senang dan akan memasuki musim libur dengan tenang. Alex Hoffman dan tim KTM melakukan yang terbaik sehingga kami bisa tampil maksimal,” girang Kallio.

Pembalap asal Finlandia ini pun menganggap bahwa dari apa yang Ia rasakan untuk pertama kali menunggangi prototipe motor balap RC16, tak menemukan cela. Ia menganggap untuk feeling pertama, Ia sangat puas, meski tak pernah ada kata cukup untuk performa motor. Namun Ia menganggap basis performa motor sudah cukup bagus. Ia juga membandingkannya dengan performa hasil tes tim balap MotoGP lainnya.

Meski tak merilis catatan lap tercepatnya ke media massa, namun dari hasil uraian kedua pembalap dan konsultan proyek MotoGP KTM, mereka sangat senang. Artinya ada harapan bagi mereka untuk bisa tampil kompetitif begitu mengawali musim balapnya di 2017.

“Kami sangat senang, karena kerja sama tim selama empat pekan sejak pertama kali melakukan sesi tes, membuahkan hasil cukup baik. Semangat yang diperlihatkan oleh tim, cukup membuat semua orang di kantor merasa puas. Tentang kedua test driver kami, juga cukup memuaskan. Hoffman memberikan banyak masukan tentang performa motor. Sementara Kallio mampu menunjukkan skill terbaiknya bahwa Ia adalah pembalap yang punya talenta besar,” ujar Mike Leitner selaku konsultan KTM di proyek MotoGP. 2017.

Sayang, belum ada konfirmasi khusus dari KTM, apakah mereka akan ikut serta dalam sesi tes resmi pra musim MotoGP 2016 di Sepang, Malaysia pada awal Februari 2016 mendatang ataukah memilih sirkuit yang lain. Kita tunggu saja! (Spy/NM)

LEAVE A REPLY